PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN BMAIN (BASIC MOTION ASSISTED INSTRUCTION) UNTUK PENGENALAN BANGUN DATAR TERHADAP ANAK TUNAGRAHITA RINGAN
Keywords:
BMAIN, Bangun Datar, Tunagrahita RinganAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk pengembangan model pembelajaran metematika yang digabungkan dengan pembelajaran penjas bagi anak Tunagrahita ringan di Sekolah Luar Biasa. Model pembelajaran ini dinamakan permainan BMAIN (Basic Motion Assisted Intruction). Penelitian ini menggunakan metode R & D (Research and Development) yang dilaksanakan kepada siswa tunagrahita ringan SLB Negeri Tamansari Kota Tasikmalaya dan SLB Yayasan Patriot dengan bermaksud mengembangkan model pembelajaran pengenalan bangun datar melalui aktivitas jasmani. Karakteristik responden yang dijadikan perhatian peneliti adalah siswa tunagrahita, untuk responden digunakan pada uji terbatas sebanyak 10 siswa SMPLB Tamansari dengan menggunakan teknik pengambilan Random Sampling, untuk uji coba secara lebih luas sampel yang digunakan 20 siswa SMPLB Yayasan Patriot dengan menggunakan teknik Total Sampling. Hasil studi pendahuluan atau temuan lapangan selanjutnya dideskripsikan dan dianalisis sehingga hasil ini bersifat deskriptif dan prodak model alat pembelajaran yang langkah pembelajarannya mengacu pada tujuan studi pendahuluan dan hasil dari uji coba dan pengamatan ahli. Hasil penelitian ini baru kepada tahap studi pendahuluan dan uji coba terbatas dan uji coba secara luas. Umpan balik siswa yang didapat dari hasil uji coba terbatas dan luas cukup memberikan pengaruh yang positif, hanya saja perlu dikaji ulang mengenai produk model tersebut agar bisa uji coba produk dan sosialisasi hasil.