MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR MANIPULATIF BERBASIS PERMAINAN KECIL UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR KELAS ATAS

  • Muhammad Juniansyah Eko. P Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Pengembangan, model, manipulatif

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan model pembelajaran gerak dasar manipulatif berbasis permainan untuk anak Sekolah Dasar kelas atas dan mengetahui efektivitas, efisiensi serta daya tarik anak terhadap model yang dibuat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Research & Development (R & D) dari Borg and Gall. Subyek dalam penelitian dan pengembangan ini adalah siswa-siswi Sekolah Dasar kelas atas yang terdiri dari 40 anak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah kuisioner dan instrumen test gerak dasar manipulatif yang digunakan untuk mengumpulkan data gerak dasar manipulatif, adapun tahapan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah, pada tahap: (1) analisis kebutuhan, (2) evaluasi ahli (evaluasi produk awal); (3) uji coba terbatas (uji coba kelompok kecil); dan (4) uji coba utama (field testing). Uji efektifitas model menggunakan tes kebenaran gerak untuk mengetahui tingkat kemampuan gerak dasar manipulatif untuk anak Sekolah Dasar kelas atas sebelum pemberian treatmen berupa model pembelajaran gerak dasar manipulatif yang dikembangkan dan untuk mengetahui tingkat kemampuan gerak dasar manipulatif setelah perlakuan atau treatmen model gerak dasar manipulatif yang dikembangkan, dari tes awal yang dilakukan diperoleh tingkat gerak dasar manipulatif siswa sebesar 4129, kemudian setelah diberikan perlakuan berupa model gerak dasar manipulatif berbasis permainan kecil diperoleh tingkat kemampuan siswa sebesar 8381. Maka model gerak dasar manipulatif ini efektif dalam meningkatkan pembelajaran gerak dasar manipulatif berbasis permainan untuk anak Sekolah Dasar kelas atas.

Berdasarkan hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa: (1) Dengan model pembelajaran gerak dasar manipulatif berbasis permainan untuk anak Sekolah Dasar kelas atas dapat dikembangkan dan diterapkan dalam pembelajaran pendidikan jasmani (2) Dengan model pembelajaran gerak dasar manipulatif berbasis permainan untuk anak Sekolah Dasar kelas atas yang telah dikembangkan, diperoleh bukti adanya peningkatan ini di tunjukan pada hasil pengujian data hasil pretes dan posttest adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah adanya perlakuan model.

Published
2018-11-13