MODEL PROTOTYPE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR

  • Samsudin Samsudin Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Gerak dasar, saintifik

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran gerak dasar lokomotor berbasis Saintifik pada anak Sekolah Dasar. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan produk model pembelajaran gerak dasar lokomotor berbasis Saintifik pada anak Sekolah Dasar; 2) Menguji efektivitas model pembelajaran gerak dasar lokomotor berbasis Saintifik pada anak Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) dari Borg and Gall. Uji t Pretest dan Posttest Eksprimen bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan. Kesimpulan penelitian dinyatakan signifikan apabila t hitung > t tabel pada taraf signifikan 5% dan nilai p < 0,05. Rata-rata nilai pretest kelompok eksprimen sebesar 6.15 dan rata nilai postest sebesar 9.95. sehingga mengalami peningkatan pada hasil gerak dasar lokomotor sebesar 3.800, t hitung > t tabel pada taraf signifikan 5% (33.230 >2,042) dan mempunyai nilai p 0.00< 0,05 yang berarti dapat disimpulkan terdapat peningkatan secara signifikan pada hasil gerak dasar pada kelompok eksprimen. Uji t Pretest dan Posttest kontrol bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan. Kesimpulan penelitian dinyatakan signifikan apabila t hitung > t tabel pada taraf signifikan 5% dan nilai p < 0,05. Rata-rata nilai pretest kelompok kontrol sebesar 6.1 dan rata nilai postest sebesar 7.75 sehingga mengalami peningkatan pada hasil gerak dasar lokomotor sebesar 1.65, t hitung > t tabel pada taraf signifikan 5% (9.927 > 2,042) dan mempunyai nilai p 0.000 < 0,05 yang berarti dapat disimpulkan terdapat peningkatan secara signifikan pada hasil gerak dasar pada kelompok kontrol. Selanjutnya untuk melihat pengaruh perlakuan berdsasarkan signifikansinya adalah dengan menggunakan uji statistik menggunakan uji perbedaan rata-rata dua mean independent. Analisis independent-sample t-test terhadap postest kelas eksprimen dan postest kelompok kontrol bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan nilai posttest pada kelompok eksprimen dan kelompok kontrol. Kesimpulan penelitian dinyatakan signifikan apabila t hitung > t tabel pada taraf signifikan 5% dan nilai p < 0,05. Ringkasan uji posttes diketahui rata-rata hasil gerak dasar lokomotor kelompok eksprimen sebesar 9.95 dan rata-rata hasil gerak dasar lokomotor kelompok kontrol sebesar 7.75. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil gerak dasar lokomotor kelompok eksprimen 2.5 lebih baik dari pada kelompok kontrol. Diketahui t hitung sebesar 9.515 dengan signifikan 0,002. Didapatkan t tabel dari db 78 pada taraf signifikan 5% adalah 1,671 jadi nilai t hitung > t table (9.515 > 1.671). Dan disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan efektif untuk anak Sekolah Dasar.

Published
2018-11-13