EVALUSI PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI TAMAN KANAK-KANAK (TK)/ PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) JAKARTA TIMUR

  • Yusmawati Yusmawati Universitas Negeri Jakarta
Keywords: pendidikan jasmani, taman kanak-kanak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani mengacu pada dimensi pokok dalam kurikulum 2013 anak usia dini di TK/PAUD. Hasil penelitian ini diharapkan  dapat memberikan data  sebagai bahan pertimbangan guru dalam mengajar sehingga kegiatan pembelajaran di sekolah dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Penelitian ini termasuk dalam penelitian evaluasi. Pendekatan yang berorientasi dengan tujuan diarahkan pada mengukur persentase ketercapaian  pelaksanaan kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani atau kegiatan oleh kelompok sasaran atau mengukur hasil pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani. Subjek uji instrument penelitian ini  pada dua sekolah TK/PAUD Negeri Jakarta Timur. Penentuan subjek dilakukan secara porposive sampling. Subjek penelitian dilakukan sekolah TK/PAUD Swasta se-Jakarta Timur. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Data penelitian ini adalah data primer diperoleh melalui angket yang diisi oleh guru. Data di analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, secara keseluruhan hasil persentase  pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani dilihat dari tiap dimensi pada kurikulum usia TK/PAUD swasta di Jakarta Timur adalah baik sekali. Dengan rincian dimensi tujuan mendapat 98,2%, dimensi isi mendapat 99,3%, dimensi metode mendapat 99,3% dan dimensi evaluasi mendapat 98,3%, apabila diakumulasikan semua dimensi tersebut menunjukkan hasil baik sekali.

Published
2018-11-13