PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN PENGETAHUAN TENTANG LASER UNTUK SISWA SMA

  • Diah Kusumawardhani Program Studi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 13220, Indonesia.
  • Siswoyo Siswoyo Program Studi Pendidikan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 13220, Indonesia.
  • Riser Fahdiran Program Studi Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 13220, Indonesia.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan buku pengayaan pengetahuan tentang laser yang layak digunakan sebagai bahan ajar pada program pengayaan. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada model Dick & Carey. Langkah-langkah model pengembangan Dick & Carey yang dilakukan pada penelitian ini mencakup sembilan tahap yang dimulai dari mengidentifikasi tujuan pembelajaran umum, sampai melakukan revisi terhadap bahan pembelajaran. Buku yang dikembangkan mengikuti pedoman dari Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) sebagai bahan ajar untuk siswa SMA. Buku dikembangkan dengan menggunakan bahasa yang komunikatif, juga dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi yang menarik, serta informasi tentang laser yang mengikuti perkembangan IPTEK terkini. Pengembangan buku pengayaan pengetahuan ini memiliki tingkat kesesuaian untuk dijadikan sebagai referensi bahan ajar pada program pengayaan.

 

The purpose of this research is developing a knowledge-enrichment physics book about lasers that is worthy of being used as teaching materials in enrichment programs. The method is Research and Development (R&D) which refers to the Dick & Carey model. The steps of the Dick & Carey development model carried out in this study includes nine stages, from identifying general learning goals until revising learning materials. The book developed follows the guidelines of the Center for Curriculum and Books (Puskurbuk) as a teaching material for high school students. The book was developed using communicative language, also equipped with interesting illustrations, as well as information about lasers that followed the latest developments in science and technology. The development of this knowledge-enrichment book has a level of conformity that is sufficient to be used as a reference for teaching materials in enrichment programs.

References

A. Prastowo, Sumber Belajar dan Pusat Sumber Belajar, Depok: Prenadamedia Group, 2018.

A. Rofiah, C. E. Rustana, dan H. Nasbey, "Pengembangan Buku Pengayaan Pengetahuan Berbasis Kontekstual pada Materi Optik," Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidkan Fisika, vol. 4, 2015, pp. 1-4,.

F. Bakri, R. Rasyid, and R. D. A. Mulyaningsih, “Pengembangan Modul Fisika Berbasis Visual untuk Sekolah Menengah Atas (SMA),” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, Vol. 1, No. 2, 2015, pp. 67-74

R. Hartagung, Sunaryo, dan R. Fahdiran, "Pengembangan Buku Pengayaan Dari Evolusi Bintang Hingga Gelombang Gravitasi untuk Siswa SMA," PROSIDING SNF, vol. 7, 2018, pp. 78-83,.

N. Tosun, "A Study on Reading Printed Books or E-books: Reasons for Student-Teacher Preferences," OJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, vol. 13, 2014, pp. 21-28.

M. Tanner, "Digital vs Print: Reading Comprehension and the Future of the Book," SLIS Student Research Journal, vol. 4, 2014.

Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Pedoman Penulisan Buku Nonteks, Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas, 2014.

Kemendikbud, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 8 Tahun 2016 Tentang Buku oleh Satuan Pendidikan, Jakarta: Kemendikbud, 2016.

Kemendikbud, Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Buku, Jakarta: Depdiknas, 2008.

N. Nurjannati, M. Irianti dan M. Rahmad, "Pengembangan E-Modul Berbasis Literasi Sains pada Materi Radiasi Elektromagnetik," Jurnal Online Mahasiswa (JOM) FKIP Universitas Riau, 2017, pp. 2-11,.

Kemendikbud Baitbang Puskurbuk, Penetapan Buku Pengayaan Sebagai Buku Nonteks Pelajaran yang Memenuhi Syarat Kelayakan untuk digunakan sebagai Sumber Belajar Pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: Kemendikbud, 2014-2016.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2017.

W. Dick and L. Carey, The Systematic Design of Instruction, USA: Harper Collins Publishers, 2015.

Desnita, N. Fadilah, and E. Budi, “Pengembangan Buku Pengayaan Kajian Fisis Peristiwa Angin Puting Beliung untuk Siswa SMA,” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, Vol. 2, No. 2, 2016, pp. 97-104.

S. Maulana, D. Desnita, and R. Raihanati, “The Development of Knowledge Enrichment Books Concerning Ice and Snow Physical Studies for High-School Students”, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 2018, vol. 4, no. 2, pp. 83 - 90.

Published
2019-12-25
How to Cite
Kusumawardhani, D., Siswoyo, S., & Fahdiran, R. (2019). PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN PENGETAHUAN TENTANG LASER UNTUK SISWA SMA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 8, SNF2019-PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.06