PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONSEPTUAL UNDESSTANDING PROCEDURES (CUPS) PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR DAN SOFT SKILLS MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA SEMESTER III FKIP UNIVERSITAS BENGKULU

  • Rosane Medriati Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu Jalan Raya Kandang Limun Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan peningkatan aktivitas  mahasiswa, (2) medeskripsikan peningkatan hasil belajar pada matakuliah Strategi Pembelajaran Fisika mahasiswa, (3) mendeskripsikan peningkatan soft skills mahasiswa. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK). Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Fisika. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester  III  sebanyak 29 orang. Data aktivitas dan softs skills mahasiswa  dikumpulkan dengan cara non tes yaitu melalui pengamatan menggunakan lembar observasi, dan hasil belajar mahasiswa dikumpulkan melalui tes tertulis. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian Penerapan pendekatan pembelajaran CUPs  pada mata kuliah Strategi Pembelajaran Fisika dapat meningkatkan Aktivitas mahasiswa pendidikan fisika semester III dengan rata-rata (31,8) pada kategori Baik. Hasil belajar Mahasiswa Pendidikan Fisika semster III setelah Penerapan pembelajaran CUPs pada mata kuliah Strategi Pembelajaran Fisika berada pada kategori baik dengan rata-rata siklus I (78,7) siklus II (81,9) dan siklus ke III (81,5), Soft skills mahasiswa pendidikan fisika  semester III setelah Penerapan pembelajaran CUPs mata kuliah Strategi Pembelajaran Fisika, untuk kemampuan berkomunikasi, , bekerjasama, tanggungjawab, percaya diri  kejujuran berada pada kategori baik. sedangkan untuk kejujuran dan kemampuan memecahkan masalah berada pada katagori cukup. Disarankan kepada dosen untuk menerapkan model ini pada mata kuliah yang lain dan lebih kreatif.

 

This study aims (1) to describe an increase in student activity, (2) to describe an increase in learning outcomes in the subject of Student Physics Learning Strategies, (3) to describe the improvement of student soft skills. This type of research is Classroom Action Research (CAR). This research was carried out in the Physics Education Study Program. The subjects of the study were 29 semester students. Data on student skills and softs activities are collected by non-test method, namely through observation using observation sheets, and student learning outcomes are collected through written tests. The data obtained were analyzed descriptively. The results of the study The application of the CUPs learning approach to the Physics Learning Strategy course can increase the activity of third semester physics education students with an average (31.8) in the Good category. The learning outcomes of Semster III Physics Education Students after the application of CUPs learning in the Physics Learning Strategy course are in the good category with an average cycle I (78.7) cycle II (81.9) and cycle III (81.5), Soft student skills in third semester physics education after the application of CUPs learning in Physics Learning Strategy courses, to the ability to communicate, cooperate, responsibility, honesty honesty is in the good category. whereas for honesty and problem solving skills are in sufficient category. It is recommended to lecturers to apply this model to other subjects and be more creative.

References

Sari, I. P., Erviyenni, & Susilawati. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif POE (Predict-Observe-Explai) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Uniersitas Riau, 4.

Santoso. 2013. Rubrik penilaian Sof skill. Jurnal Pendidikan Riau

Sudiana, I. K. (2012 ). Upaya Pengembangan Soft skillss Melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif untuk Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Kimia Dasa. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol 1 (02).

Direktorat Jenderal Pembinaan SMA. 2010. Contoh Draf RPP. Jakarta: Kemendikbud.

Hamalik, P. D. (2008). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. (S. Boyke Ramdhani, Penyunt.) Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Direktorat Akademik Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi ( 2008). Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Tinggi.Jakarta

Sailah, I. (2007). Pengembangan Soft skills di Perguruan Tinggi. Singaraja: Undiksha.

Puliam , M.G. 2008. Skill Employer Seek. Career Corner, Excelsior College. Disitasi 30 Juli 2010 https://www.excelsior.edu/Excelsior_College/Publications/Skills_ Employers_Seek_16.pdf

Isjoni. (2011). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Lie, Anita. 2005. Cooperative Learning; Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang- Ruang Kelas. Jakarta: Gramedia.

Published
2019-12-27
How to Cite
Medriati, R. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONSEPTUAL UNDESSTANDING PROCEDURES (CUPS) PADA MATA KULIAH STRATEGI PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS, HASIL BELAJAR DAN SOFT SKILLS MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA SEMESTER III FKIP UNIVERSITAS BENGKULU . PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 8, SNF2019-PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.18