PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONTEKS ESD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SUSTAINABILITY AWARENESS SISWA SMA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL

  • Kikit Anjar Agusti Departemen Pendidikan Fisika FPMIPA UPI Jl. Dr. Setiabudi No 299, Bandung 40154
  • Agus F. C. Wijaya Departemen Pendidikan Fisika FPMIPA UPI Jl. Dr. Setiabudi No 299, Bandung 40154
  • David Edison Tarigan Departemen Pendidikan Fisika FPMIPA UPI Jl. Dr. Setiabudi No 299, Bandung 40154

Abstract

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa untuk menghadapi perkembangan abad-21 adalah keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis penting bagi siswa untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, yang juga merupakan agenda abad-21. Dalam hal ini, pendidikan merupakan gerbang untuk memperkenalkan pembangunan berkelanjutan dan melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Salah satu caranya adalah dengan mengimplementasikan model pembelajaran yang di dalamnya diintegrasikan konteks Education for Sustainable Development (ESD). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dengan konteks Education for Sustainable Development, dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dan juga mengetahui kesadaran siswa akan pembangunan berkelanjutan, terutama dalam isu pemansan global. Penelitian ini menggunakan one group pretest-posttest design dengan jumlah partisipan 31 siswa SMA Negeri di Kota Bandung.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pilihan ganda untuk mengukur keterampilan berpikir kritis siswa dan angket sustainability awareness untuk melihat profil kesadaran siswa akan pembangunan berkelanjutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang disisipi konteks Education for Sustainable Development (ESD) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam kategori sedang, sementara itu profil Sustainability Awareness siswa setelah kegiatan pembelajaran, tinggi dalam hal emosional, tetapi masih jarang dilakukan untuk kategori praktis.

 

One of the skills that must be have by students to face the development of the 21st century is critical thinking skills. Critical thinking skills are important for students to support sustainable development, which is also 21st century agenda. In this case, education is a gateway to introducing sustainable development and training students' critical thinking skills. The way is to implement learning models which integrated by context of Education for Sustainable Development (ESD). Therefore, this study aims to determine the effect of implementing Problem Based Learning learning models with the context of Education for Sustainable Development, in improving students 'critical thinking skills and also for knowing students' awareness of sustainable development, especially in the issue of global warming. This study used one group pretest-posttest design with the participants is 31 high school students in Bandung. The instrument used in this study was multiple choice to measure students 'critical thinking skills and sustainability awareness questionnaire to see the profile of students' awareness of sustainable development. The results showed that the implementation of the Problem Based Learning (PBL) with the context of Education for Sustainable Development (ESD) could improve students' critical thinking skills in the medium category, while the profile of Sustainability Awareness of students after learning activities is high in emotional terms, but still rarely done in practical categories.

References

Bialik, M., & Fadel, C. “Skills for the 21st Century: What Should Students Learn?. Boston, Center for Curriculum Redesign, 2015.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah

Ennis, R. H. “A Logical Basic For Measuring Critical Thinking Skills”. Educational Leadership. 1985. 43(2), 44–48.

Facione, P. A. “Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assesment and Instruction”. Fullerton: ERIC.1990.

Halpern, D. F. “Teaching Critical Thinking for Transfer Across Domains”. American, Psycologist , 1998. 53(4),449-455.

UNESCO. “Education for Sustainable Development Goals”. France: UNESCO. 2015.

OECD. “PISA 2015 Results (Volume I): Excellence and Equity in Education, PISA, OECD”, Publishing: Paris. 2016.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar Dan Menengah

Nafiah, Y. N. “Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2014. 4 (1),130.

Hasan, A. Ariffin, T. Sulaiman, S, “ The status on the level of environmental awareness in the concept of sustainable development amongst secondary school students”, 2010, Faculty of Education, UniversitiKebangsaan Malaysia, 43600 Bangi, Selangor Malaysia.: Procedia Social and Behavioral Sciences 2 (2010) 1276–1280

Published
2019-12-27
How to Cite
Anjar Agusti, K., F. C. Wijaya, A., & Edison Tarigan, D. (2019). PROBLEM BASED LEARNING DENGAN KONTEKS ESD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SUSTAINABILITY AWARENESS SISWA SMA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL . PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 8, SNF2019-PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.22