RANCANG BANGUN EKSPERIMEN SEDERHANA KUAT MEDAN MAGNET MENGGUNAKAN SENSOR KECEPATAN ARDUINO

  • Iman Safari Program Magister Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia 13220
  • Inggrid Ayu Putr Program Magister Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia 13220
  • Riris Purbosari Program Magister Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia 13220
  • Rita Amalia Huljannah Program Magister Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia 13220
  • Iwan Sugihartono Program Magister Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia 13220
  • Mangasi Alion Marpaung Program Magister Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Rawamangun, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia 13220

Abstract

Pada pembelajaran Induksi elektromagnet, pada umumnya siswa SMA kelas XII mampu menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi tegangan GGL. Salah satu faktor yang disebutkan adalah memperbesar kuat medan magnet yang digunakan. Tetapi 93,7%  memiliki analisis bahwa kuat medan magnet berhubungan dengan ukuran magnet.   Di dalam penelitian ini akan dilakukan pembuatan rancang bangun eksperimen sederhana untuk menentukan kuat medan listrik. Eksperimen bertujuan untuk memberikan alternatif percobaan yang bisa memberikan pengalaman langsung kepada siswa sehingga dapat memecahkan masalah miskonsepsi siswa tentang kuat medan magnet.  Penelitian ini menggunakan metode ADDIE (analyse, design, development, Implementation, dan Evaluation). Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develeopment. Hasil dari sensor akan dipresentasikan dalam grafik tegangang GGL terhadap kecepatan sudut putarnya digrafikkan sehingga dapat dihitung besar kuat medan magnet yang ada.

 

In learning electromagnetic induction, high school students in grade 12 are generally able to mention the factors that influence the voltage of electromotive force. One of the factors mentioned is to increase the strength of the magnetic field used. But 93.7% had an analysis that the magnetic field strength was related to the size of the magnet. In this study it will be reported about the design of simple experiments to determine the electric field strength. The research aims to provide an alternative experiment which gives direct experience to students so that they can solve the problem of students' misconceptions about magnetic field strength. The results of the sensors will be presented in the graph of the GLD strain on the rotational angular velocity so that the magnitude of the magnetic field can be calculated.

References

Suryono, Riyanti, A., & Suseno, J. E. (2009). Karakterisasi Sensor Magnetik Efek Hall UGN3503 Terhadap Sumber Magnet dan Implementasinya pada Pengukuran Massa. Berkala Fisika , 1-9.

Singh1, J. L. (2017). Developing and validating a conceptual survey to assess introductory physics students’ understanding of magnetism. European Journal of Physics , 1-25.

Siska Desy Fatmaryanti, S. S. (2017). Attainment of students’ conception in magnetic fields by using of direct observation and symbolic language ability. International Conference on Science and Applied Science 2017, 1-6.

Silvia, A. F., Haritman, E., & Muladi, Y. (2014). Rancang bangun akses kontrol pintu gerbang berbasis arduino dan android. Electrans, 1-10.

R D Septianto, D. a. (2017). Utilisation of the magnetic sensor in a smartphone for facile magnetostatics experiment: magnetic field due to electrical current in straight and loop wires. Physics Education Journal, 1-7.

Kristina Zuza, M. (2016). University students’ understanding of the electromotive force concept in the context of electromagnetic induction. European Journal of Physics, 1-13.

Fatmaryanti, S. D., Al Hakim, Y., & Ashari. (2018). Comparative study of magnetic fields measurements with logger lite and Arduino on electronic devices. International Conference on Engineering and Applied Technology (ICEAT), 1-7.

Al-Taani, S. A. (2017). Measuring the Earth’s magnetic field dip angle using a smartphone-aided setup: a simple experiment for introductory physics laboratories. European Journal of Physics , 1-9.

Arifin, J., Zulita, L. N., & Hermawansyah. (2016). Perancangan murottal otomatis menggunakan mikrokontroller arduino mega 2560. Jurnal Media Infotama, 89-98.

Ardiuno. (2019, 6 22). Education. Retrieved from https://www.arduino.cc: https://www.arduino.cc/en/Main/Education

Published
2019-12-31
How to Cite
Safari, I., Ayu Putr, I., Purbosari, R., Amalia Huljannah, R., Sugihartono, I., & Alion Marpaung, M. (2019). RANCANG BANGUN EKSPERIMEN SEDERHANA KUAT MEDAN MAGNET MENGGUNAKAN SENSOR KECEPATAN ARDUINO. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 8, SNF2019-PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.31