ANALISIS KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) BERBANTUAN VIDEO DENGAN TANPA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS PESERTA DIDIK

  • Annisa Muslimah Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamangun Muka No.1, Jakarta Timur, 13220
  • Anggara Budi Susila Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamangun Muka No.1, Jakarta Timur, 13220
  • Cecep E.Rustana Prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta Jalan Rawamangun Muka No.1, Jakarta Timur, 13220

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir analitis peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Means Ends Analysis berbantuan video dengan tanpa video pembelajaran pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 44 Jakarta. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan terpilih kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI MIPA 3 sebagai eksperimen 2. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Teknik analisa data pada penelitian ini menggunakan uji t-gain. Nilai t-gain yang didapat dari penelitian ini sebesar 2,360. Rata-rata nilai pretest pada kelas eksperimen 1 diperoleh 35,028 sedangkan pada kelas eksperimen 2 sebesar 35,833. Setelah dilakukan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) berbantuan video pembelajaran pada kelas eksperimen 1 diperoleh rata-rata nilai posttest sebesar 78,417, sedangkan pada kelas eksperimen 2 dengan menggunakan model pembelajaran Means Ends Analysis tanpa video pembelajaran diperoleh rata-rata nilai posttest sebesar 73,750. Rata-rata nilai N-gain pada kelas eksperimen 1 sebesar 0,667 dan pada kelas eksperimen 2 sebesar 0,597. Uji effect size yang didapat dari penelitian ini dengan menggunakan rumus Cohen’s d sebesar 0,369. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan model pembelajaran Means Ends Analysis berbantuan video dengan tanpa video pembelajaran terhadap kemampuan berpikir analitis peserta didik.

 

Research has been conducted to determine differences in students' analytical thinking skills with the application of the Means Ends Analysis learning model with video assistance without learning videos on sound wave material. This research is a quasi-experimental study with a nonequivalent control group design. The population in this study were all students of class XI MIPA SMA Negeri 44 Jakarta. Sampling in this study used purposive sampling technique and selected class XI MIPA 1 as experimental class 1 and XI MIPA 3 as experiment 2. Data collection techniques used test methods. Data analysis techniques in this study used the t-gain test. The t-gain value obtained from this study was 2.360. The average pretest score in the experimental class 1 was 35,028 while in the experimental class 2 it was 35,833. After the learning process is carried out using the Means Ends Analysis (MEA) learning model assisted by learning videos in experimental class 1, the average posttest score is 78,417, while in experimental class 2 using the Means Ends Analysis learning model without learning video the average posttest score is 73,750. The average N-gain value in the experimental class 1 is 0.667 and in the experimental class 2 is 0.597. Test the size of the effect obtained from this study using the Cohen's d formula of 0.369. Then it can be concluded that there is a comparison of the Means Ends Analysis learning model video assisted with no learning video on the students' analytical thinking skills.

References

Hamid, M. S. (2011). Standar Mutu Penilaian dalam Kelas. Yogyakarta: Diva Press.

Ramos, J. L. S., Dolipas, B. B., dan Villamor, B. B. (2013). Higher Order Thinking Skills and Academic Performance in Physics of College Students: A regression analysis. International Journal of Innovative Interdisciplinary Research. 4. 48-60.

Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Kemdikbud. Rekap Hasil Ujian Nasional (UN) Tingkat Sekolah. https://puspendik.kemdikbud.go.id/hasil-un/ (diakses pada tanggal 05 Februari 2019).

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Juanda, dkk. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Peserta didik SMP melalui Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA). Jurnal Kreano. Vol 5 (2): 106.

Hartini, Tri Isti dan May Lianti. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika. Vol 1 (1): 20-22.

De Porter, B. (2010). Quantum Teaching (Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas). Bandung: Penerbit Kaifa.

Y. Yogaswara and F. D. E. Latief, “The Development of Experimental Sets for Measuring Linear Thermal Expansion Coefficient of Metal Using Digital Video-Based Single Slit Diffraction Method”, jpppf, vol. 4, no. 2, pp. 141 - 152, Dec. 2018.

F. Bakri, S. Pratiwi & D. Muliyati, “Video-enriched worksheet based on augmented reality technology: The heat experiment is easier”, In AIP Conference Proceedings (Vol. 2169, No. 1, p. 020010). AIP Publishing, 2019.

Anderson, L. W dan Krathwol, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York: Addison Wesley Lonman Inc.

Primavera, I. R. (2014). Pengaruh Media Audio Visual (Video) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Konsep Elastisitas. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Owusu, e. a. (2010). Effect of Computer-Assisted Instruction on Performance of High School Biology Students in Ghana. Computer and Education, 904-910.

Arguel, A. a. (2009). Using Video and Static Pictures to Improve Learning of Procedural Content. Computers in Human Behavior, 354-359.

Rohayu, S. H. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) Terhadap Kemampuan Menganalisis Soal Fisika Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 3 Makassar. Skripsi. Makassar: UIN Alauddin Makassar.

Susna, d. (2015). Pengaruh Penyajian Contoh Soal dengan Teknik Means Ends Analysis (MEA) terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas X SMA Negeri 1 Kasimbar. Jurnal Pendidikan Fisika, 26- 28.

Sari, Y. N. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Menggunakan Media Video Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik SMA Negeri 3 Pagar Alam. Jurnal Profit, 89- 103.

Published
2019-12-31
How to Cite
Muslimah, A., Budi Susila, A., & E.Rustana, C. (2019). ANALISIS KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) BERBANTUAN VIDEO DENGAN TANPA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS PESERTA DIDIK . PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 8, SNF2019-PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.32