LEMBAR KERJA ELEKTRONIK PESERTA DIDIK DILENGKAPI VIDEO ANIMASI BERBASIS GUIDED DISCOVERY PADA MATERI GERAK HARMONIS SEDERHANA

  • Tyas Wiganingrum Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No 1 RT 11 RW 14, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta (13220)
  • Vina Serevina Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No 1 RT 11 RW 14, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta (13220)
  • Agus Setyo Budi Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No 1 RT 11 RW 14, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta (13220)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa lembar kerja elektronik peserta didik dilengkapi video animasi berbasis guided discovery yang layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan model ADDIE yang meliputi lima tahapan, yaitu tahap analisis (Analyze), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implement), dan tahap evaluasi (Evaluate). Melalui lembar kerja peserta didik yang dikembangkan diharapkan dapat dihasilkan media pembelajaran yang layak digunakan sehingga dapat mendukung proses pembelajaran fisika.

 

This research is for developing instructional media in the form of electronic worksheet for student with animation video based on guided discovery to supporting learning process. The method of this research used ADDIE model that include five steps, which are analyze, design, development, implement, and evaluate. Through this developed worksheet for student the proper instructional media can be achieved, so physic learning process can be fully suppoprted.

References

Gede Bandem Samudra, I. w, “Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika,” e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 2014.

I Made Astra, Hadi Nasbey, Nur Devia Muharramah, “Development Of Student Worksheet by Using Discovery Learning Approanch for Senior High School Student,” Journal of Education in Muslim Society Website , 2015, 91-96.

Ike Kartika, Dwikoranta, “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS GUIDED DISCOVERY PADA MATERI FLUIDA STATIS UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS X DI SMAN 1 PURI MOJOKERTO,” Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika , 2016, 40-44.

Jogiyanto, Sistem Informasi Kepribadian, Yogyakarta, Andi, 2007.

Katherine William dan Horton, E-Learning Tools and TTechonologies: A consumer guide for trainers, teachers, educators, and instructional designers, USA, Wiley Publishing, 2003.

Ken Podolak, J. D, “Interactive Modern Physics Worksheets Methodology and Assessment.” Europen J of Physics Education , 2013, 27-31.

Mufti Ikmal Fardidin, W, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Model Guided Discovery Pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika , 2016, 28-31.

Y. Yogaswara and F. D. E. Latief, “The Development of Experimental Sets for Measuring Linear Thermal Expansion Coefficient of Metal Using Digital Video-Based Single Slit Diffraction Method”, jpppf, vol. 4, no. 2, pp. 141 - 152, Dec. 2018.

S. Syahrowardi and A. H. Permana, “Desain Handout Multimedia Menggunakan 3D Pageflip Professional untuk Media Pembelajaran pada Sistem Android”, jpppf, vol. 2, no. 1, pp. 89 - 96, Jun. 2016.

Salma, D., & S, E., Mozaik Teknologi Pendidikan, Jakarta, Prenada Media Grup, 2008.

Sari, N., “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Terhadapt Pembelajaran Fisika Kelas XI MIPA 1 SMA Titian Teras Muaro Jambi” Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan , 2017, 110-112.

Tugiyo Aminoto, H. P, “Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi” Jurnal Sainmatika , 2014, 13-29

Published
2019-12-31
How to Cite
Wiganingrum, T., Serevina, V., & Setyo Budi, A. (2019). LEMBAR KERJA ELEKTRONIK PESERTA DIDIK DILENGKAPI VIDEO ANIMASI BERBASIS GUIDED DISCOVERY PADA MATERI GERAK HARMONIS SEDERHANA . PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 8, SNF2019-PE. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.38