HASIL ANALISIS KEBUTUHAN PEMANFAATAN LABORATORIUM FISIKA SEBAGAI PENUNJANG HASIL BELAJAR SISWA

  • Cintia Pinatih Sari Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Jl. Tanah Merdeka No. 20, Jakarta Timur 13830, Indonesia
  • Liszulfah Roza Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Jl. Tanah Merdeka No. 20, Jakarta Timur 13830, Indonesia

Abstract

Abstrak

Laboratorium merupakan suatu ruang atau tempat berupa gedung untuk belajar, percobaan dan penyelidikan dimana siswa dapat berinteraksi dengan berbagai alat dan bahan guna meningkatkan mutu serta sistem pengajaran. Di dalam jurnal ini membahas studi pendahuluan berupa hasil analisis kebutuhan terhadap pemanfaatan laboratorium fisika sebagai penunjang hasil belajar siswa. Tempat penelitian dilakukan di beberapa SMA yang terletak di Jakarta Timur dengan responden siswa-siswi kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tahapan pengumpulan data yaitu melakukan survey dengan memberikan lembar kuesioner ke siswa-siswa, wawancara guru bidang studi dan kemudian dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif kualitatif, kemudian menarik kesimpulan dari hasil yang telah di dapatkan.

Kata-kata kunci : Pemanfaatan, Laboratorium Fisika, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Laboratories are a space or place of building for study, experiments and investigations where students can interact with various tools and materials to improve the quality and teaching system. In this journal discusses preliminary studies in the form of analysis of the need to use physics laboratory to support the learning outcomes of students. The research venue was conducted at several high schools located in East Jakarta with respondents of class XI students. This research uses qualitative methods. The stage of data collection is conducting a survey by providing a questionnaire to students, interviews teachers field of study and then documentation. The data analysis technique used is a qualitative descriptive technique, then draw conclusions from the results that have been in the get..

Keywords :  Utilization, Physics laboratory,  Student learning outcomes

References

A. Anggito and J. Setiawan, Metodologi Penelitian Kualitatif, Sukabumi: CV Jejak, 2018

A. Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013

Daryanto, Manajemen Laboratorium Sekolah, Yogyakarta: Gava Media, 2018

Dwi Yulianti, Pembelajaran Direct Inovatif, Yogyakarta: Media Akademi, 2016

Imastuti. dkk, “Pemanfaatan Laboratorium Dalam Pembelajaran Fisika SMA/MA Se-Kota Salatiga”, Unnes Physics Education Journal 5 (3), 2016

N. Sundoro Katili. dkk, “Analisis Sarana dan Intensitas Penggunaan Laboratorium Fisika Serta Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri di Kabupaten Jembrana”, e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, vol. 3, 2013

W. Muliawan, Teknik Laboratorium, Yogyakarta: Deepublish, 2018

Published
2020-12-31
How to Cite
Sari, C. P., & Roza, L. (2020). HASIL ANALISIS KEBUTUHAN PEMANFAATAN LABORATORIUM FISIKA SEBAGAI PENUNJANG HASIL BELAJAR SISWA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 9(1). https://doi.org/10.21009/03.SNF2020.02.PF.02