PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI INDUKSI ELEKTRONIK SMA KELAS XII

  • Farah Muthi Hermawati Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangung Muka No. 1, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur 13220, Indonesia
  • Sunaryo Sunaryo Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangung Muka No. 1, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur 13220, Indonesia
  • Cecep E. Rustana Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangung Muka No. 1, Rawamangun, Pulogadung, Jakarta Timur 13220, Indonesia

Abstract

Abstrak

Pembelajaran fisika abad 21 memerlukan berbagai inovasi di bidang media pembelajaran. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan adalah mengembangkan modul elektronik flipbook sebagai sebuah alternatif untuk mempelajari induksi elektromagnetik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis awal dan mengembangkan flipbook pada induksi elektromagnetik berbasis PBL untuk siswa SMA kelas XII. Metode Dick and Carey pada Research and Development diadopsi untuk mengembangkan produk yang mencakup bagian cover, pendahuluan, isi dan penutup yang dilengkapi dengan soal-soal berbasis berpikir tingkat tinggi (HOTS). Validasi produk lebih lanjut akan dilakukan oleh ahli pembelajaran, media dan materi. Hasil penelitian awal dari pengembangan modul flipbook ini menunjukan bahwa modul tersebut sangat diperlukan dalam pembelajaran Fisika. Hal itu didasari pada pendapat siswa yang menyatakan bahwa 61% pembelajaran di sekolah belum efektif dalam hal penggunaan media berbasis teknologi kemudian 42% siswa menyatakan bahwa induksi elektromagnetik menjadi materi yang dianggap sulit oleh siswa. Selain itu, prototype produk flipbook telah berhasil dikembangkan dan akan dilakukan validasi lebih lanjut dan implementasi pada penelitian berikutnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa flipbook berbasis PBL sangat diperlukan dan berpotensi memiliki keunggulan untuk digunakan untuk pembelajaran fisika induksi elektromagnetik di SMA.

Kata-kata kunci: modul elektronik, flipbook, induksi elektromagnetik.

Abstract

21st-century physics learning requires various innovations in the field of instructional media. One innovation that can be done is to develop a flipbook electronic module as an alternative to studying electromagnetic induction. The purpose of this study was to conduct preliminary analysis and develop a flipbook on PBL-based electromagnetic induction for high school students in class XII. Dick and Carey method in Research and Development was adopted to develop products that include the cover, introduction, content, and cover sections that are equipped with questions based on higher-order thinking (HOTS). Further product validation will be carried out by learning experts, media, and material. Initial research (preliminary analysis) results from the development of this flipbook module showed that the module was very necessary in Physics learning. This is based on the students' opinion which states that 61% of learning in schools is not yet effective in terms of the use of technology-based media. Then 42% of students state that electromagnetic induction is a learning material that is considered difficult by students. Besides, the prototype of the flipbook product has been successfully developed and further validation and implementation will be carried out in subsequent studies. This research concluded that the PBL-based flipbook was very necessary and have the potential to be used for learning electromagnetic induction physics in high school.

Keywords: electronic modules, flipbooks, electromagnetic induction.

References

J. Johnson et al., “The FuturICT education accelerator,” Eur. Phys. J. Spec. Top., vol. 214, no. 1, pp. 215-243, Nov. 2012, doi: 10.1140/epjst/e2012-01693-0.

J. H. Marburger, “Science, technology and innovation in a 21st century context,” Policy Sci, vol. 44, no. 3, pp. 209-213, Sep. 2011, doi: 10.1007/s11077-011-9137-3.

P. Sinulingga, T. J. Hartanto, and B. Santoso, “Implementasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 2, no. 1, pp. 57 - 64, Jun. 2016.

S. Siswoyo, “Development of Teacher Guidebook for Photoelectric Effects Instructional Using Predict-Observe-Explain Strategy with PhET Interactive Simulation”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 5, no. 2, pp. 133 - 144, Nov. 2019.

B. R. Simanjuntak, D. Desnita, and E. Budi, “The Development of Web-based Instructional Media for Teaching Wave Physics on Android Mobile”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 4, no. 1, pp. 1 - 10, Jun. 2018.

D. Ambarwulan and D. Muliyati, “The Design of Augmented Reality Application as Learning Media Marker-Based for Android Smartphone”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 2, no. 1, pp. 73 - 80, Jun. 2016.

I. A. Putri, S. Siswoyo, and W. Indrasari, “Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Lectora Inspire pada Materi Usaha dan Energi SMA”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 2, no. 2, pp. 71 - 78, Dec. 2016.

M. Fausih and T. Danang, “Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan ‘ Instalasi Jaringan Lan ( Local Area Network )’ Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di SMK Nengeri 1 Labang,” Bioedukasi, vol. 9, no. 20, pp. 1-9, 2015.

K. W. B. Putra, I. M. A. Wirawan and G. A. Pradnyana, “Pengembangan e-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran ‘Sistem Komputer’ Untuk Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja,” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 14, no. 1, p. 10, 2017.

F. Bakri, B. Z. Siahaan, and A. H. Permana, “Rancangan Website Pembelajaran Terintegrasi dengan Modul Digital Fisika Menggunakan 3D PageFlip Professional”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 2, no. 2, pp. 113 - 118, Dec. 2016.

F. Fitriyani, M. Muhaimin and M. Rusdi, “Pembelajaran Menggunakan Media 3D Pageflip Professional dan Media Camtasia Studio 8 pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di Kelas X SMA Islam Al-Arief Muaro Jambi,” Repository Universitas Of Jambi, vol. 2, no. 1, pp. 3-9, 2017.

S. Warjanto, “Pengembangan Media Pembelajaran Induksi Elektromagnetik,” Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF 2015, vol. IV, p. 4, 2015.

I. Z. Ichsan et al., “HOTS-AEP: Higher Order Thinking Skills from Elementary to Master Students in Environmental Learning,” European J Ed Res, vol. 8, no. 4, Oct. 2019, doi: 10.12973/eu-jer.8.4.935.

G. M. Saido et al., “Higher Order Thinking Skills Among Secondary School Students in Science Learning,” The Malaysian Online Journal of Educational Science, vol. 2, no. 3, p. 8, 2015.

N. Nurhayati and L. Angraeni, “Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa (Higher Order Thinking) dalam Menyelesaikan Soal Konsep Optika melalui Model Problem Based Learning”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 3, no. 2, pp. 119 - 126, Dec. 2017.

M. G. Nugraha, K. H. Kirana, S. Utari, N. Kurniasih, N. Nurdini, and F. N. Sholihat, “Problem Solving-Based Experiment untuk Meningkatkan Keterampilan Penalaran Ilmiah Mahasiswa Fisika”, jpppf, vol. 3, no. 2, pp. 137 - 144, Dec. 2017.

W. Dick, L. Carey and J. O. Carey, “The Systematic Design of Instruction,” 8th ed. United States of America: Pearson, 2015.

Y. Mardiansyah, A. Asrizal and Y. Yulkifli, “Pembuatan Modul Fisika Berbasis TIK Untuk Mengintegrasikan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Siswa SMAN 10 Padang Kelas X Semester 1,” Pillar of Physics Education, vol. 1, pp. 30-38, 2013.

D. A. P. Sari, M. Hidayat and W. Kurniawan, “Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Materi Getaran Harmonis Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker,” Repository Universitas Of Jambi, vol. 1, no. 1, pp. 33-39, 2015.

S. Mayanty, I. M. Astra and C. E. Rustana, “Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa SMA,” Prosiding Seminar Nasional Quantum, vol. 25, pp. 1-13, 2018.

I. Z. Ichsan et al., “HOTS-AEP-COVID-19: Students Knowledge and Digital Worksheet of ILMIZI Environmental Learning Model,” International Journal of Advanced Science and Technology, vol. 29, no. 6, p. 12, 2020.

I. Golitsyna, “Educational Process in Electronic Information-educational Environment,” Procedia - Social and Behavioral Sciences, vol. 237, pp. 939-944, Feb. 2017, doi: 10.1016/j.sbspro.2017.02.132.

H. Rahmayanti, I. Z. Ichsan and S. A. Azwar, “Indonesian Student Environmental Attitude of flood during COVID-19: DIFMOL Education Model in 21st Technology,” International Journal of Advanced Science and Technology, vol. 29, no. 5, pp. 6245-6253, 2020.

H. Rahmayanti et al., “Environmental Attitude for Smart City Technology: Need Assessment to Develop Smart Trash in Environmental Education,” International Journal of Advanced Science and Technology, vol. 29, no. 03, p. 11, 2020.

I. Z. Ichsan et al., “Implementation Supplementary Book of Green Consumerism: Improving Students HOTS in Environmental Learning,” European J Ed Res, vol. 9, no. 1, Jan. 2020, doi: 10.12973/eu-jer.9.1.227.

A. Purwanto et al., “EM-SETS: An Integrated e-module of Environmental Education and Technology in Natural Science Learning,” International Journal of Advanced Science and Technology, vol. 29, no. 03, p. 13, 2020.

J. Reyna, J. Hanham and P. Meier, “The Internet explosion, digital media principles and implications to communicate effectively in the digital space,” E-learning and Digital Media, vol. 15, no. 1, pp. 36-52, 2018.

Published
2020-12-31
How to Cite
Hermawati, F. M., Sunaryo, S., & Rustana, C. E. (2020). PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK FLIPBOOK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI INDUKSI ELEKTRONIK SMA KELAS XII. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 9(1), SNF2020PF-25. https://doi.org/10.21009/03.SNF2020.02.PF.04
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya