ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ANDROID

  • Adjie Pamungkas Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jl. Tanah Merdeka No.20, DKI Jakarta 13830, Indonesia
  • Acep Kusdiwelirawan Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jl. Tanah Merdeka No.20, DKI Jakarta 13830, Indonesia

Abstract

Abstrak

Lembar kerja peserta didik merupakan salah satu bahan ajar yang memiliki peranan sangat penting dalam proses pembelajaran. Dengan adanya lembar kerja peserta didik, diharapkan peserta didik dapat terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Lembar kerja yang banyak digunakan saat ini adalah lembar kerja dalam bentuk cetak yang disediakan oleh pendidik dan lembar kerja yang bersumber dari buku paket. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon peserta didik terhadap rancangan pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis android. Subjek penelitian adalah peserta didik sekolah menengah atas negeri dan swasta di wilayah Bekasi dan Jakarta. Sampel dipilih secara acak sebanyak 40 peserta didik. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar angket analisis kebutuhan oleh peserta didik yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil analisis angket kebutuhan menunjukkan bahwa 1) peserta didik membutuhkan media berupa video dan tidak hanya berupa gambar/grafik, 2) tampilan lembar kerja mobile yang dikembangkan diharapkan memiliki desain yang menarik, 3) jawaban hasil kerja peserta didik diharapkan dapat langsung diinput dan tersimpan pada lembar kerja mobile yang dikembangkan. Analisis kebutuhan ini merupakan bagian dari studi awal pengembangan aplikasi lembar kerja peserta didik berbasis android yang mampu mendukung peningkatan inovasi dalam perkembangan teknologi dibidang pendidikan.

Kata-kata kunci: Analisis, Lembar Kerja Peserta Didik, Android.

Abstract

Student worksheets are one of the teaching materials that have a very important role in the learning process. With the student worksheets, students are expected to be actively involved in the learning process. Worksheets that are widely used today are printed worksheets provided by educators and worksheets sourced from textbooks. The purpose of this study was to determine students responses to the design of developing an Android-based student worksheet. Research subjects were state and private high school students in Bekasi and Jakarta. The sample was chosen at random as many as 40 students. Data were collected using a needs analysis questionnaire sheet by students who then analyzed descriptive qualitatively. The results of the needs questionnaire analysis show that 1) students need media in the form of video and not just pictures / graphics, 2) display of developed mobile worksheets is expected to have an attractive design, 3) answers of students' work are expected to be directly inputted and stored on mobile worksheets developed. This needs analysis is part of the initial study of developing an Android-based student worksheet application that is able to support increased innovation in technological development in the field of education.

Keywords: Analysis, Student Worksheets, Android.

References

S. Lestari, “Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi,” in Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 2, no. 2, pp. 94-100, 2018.

L. Rokhmah, F. Gulӧ and R. Edi, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Berbasis Komputer Untuk Pembelajaran Sistem Periodik Unsur Kelas X SMA,” in Seminar Nasional Pendidikan IPA, vol. 1, no. 1, pp. 338-347, 2017.

I. S. Utami, M. Vitasari, I. Langitasari, I. Sugihartono, and Y. Rahmawati, “The Local Wisdom-Based STEM Worksheet to Enhance the Conceptual Understanding of Pre-service Physics Teacher”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 97 - 104, Jun. 2020.

L. C. Elwi, F. Festiyed, and D. Djusmaini, “Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (lkpd) Multimedia Interaktif Menggunakan Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA,” in Journal Pillar of Physics Education, vol. 9, no. 1, pp. 97-104, 2017.

Y. Yudhanto dan A. Wijayanto, “Mudah Membuat dan Berbisnis Aplikasi dengan Android Studio,” Jakarta, Indonesia:PT Elex Media Komputindo, p. 1, 2017.

D. Ambarwulan and D. Muliyati, “The Design of Augmented Reality Application as Learning Media Marker-Based for Android Smartphone”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 2, no. 1, pp. 73 - 80, Jun. 2016.

L. Aidin, N. Indahwati and A. Priambodo, “Pengembangan Aplikasi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) PJOK Berbasis Android Pada Sekolah Menengah Kejuruan,” in e-Jurnal Mitra Pendidikan, vol. 3, no. 2, pp. 226-240, 2019.

R. Nurmalasari et al., “Peran Guru dalam implementasi Kurikulum 2013,” in Jurnal Berkala Program Pascasarjana UM Malang, pp.722-733, 2016.

M. Purbiyanto and H. Abdullah, “Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Tema 8 “Daerah Tempat Tinggalku” Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Berbasis Android,” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2019.

Published
2020-12-31
How to Cite
Pamungkas, A., & Kusdiwelirawan, A. (2020). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ANDROID. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 9(1), SNF2020PF-69. https://doi.org/10.21009/03.SNF2020.02.PF.11
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya