BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERBASIS STEM UNTUK BLENDED LEARNING PADA MATERI FLUIDA SMA

  • Yetti Supriyati Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No.1, Jakarta Timur, 13220, Indonesia
  • A. Handjoko Permana Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No.1, Jakarta Timur, 13220, Indonesia
  • Novia Dwi Safira Aziz Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No.1, Jakarta Timur, 13220, Indonesia

Abstract

Abstrak

Masih diperlukannya tatap muka antara guru dan siswa disamping pembelajaran online membuat pembelajaran secara blended learning banyak dipakai saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar elektronik berbasis STEM yang digunakan untuk pembelajaran secara blended learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE meliputi lima tahapan, yaitu tahap analisis (Analyze), tahap perencanaan (Design), tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation), dan tahap evaluasi (Evaluation). Bahan ajar elektronik ini dikembangkan berbasis STEM. Konten dari bahan ajar ini terdiri dari kompetensi, materi, lembar kerja peserta didik untuk praktikum, tugas projek, diskusi, dan kuis. Pada bahan ajar elektronik ini juga dilengkapi dengan gambar, animasi, simulasi, praktikum virtual, dan video. Bahan ajar yang dihasilkan divalidasi oleh ahli materi, ahli media, ahli pembelajaran, menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Selanjutnya dilakukan uji keterbacaan oleh beberapa guru dan siswa.

Kata-kata kunci: bahan ajar, STEM, blended learning, fluida.

Abstract

Face-to-face learning between teachers and students, besides online learning, is still needed makes blended learning widely used today. This research aims to develop STEM-based electronic teaching materials that are used for blended learning. The research method used is the research and development (R&D) method with the ADDIE development model. The ADDIE development model includes five stages. There is the analysis stage (Analyze), the planning stage (Design), the development stage (Development), the implementation (Implementation), and the evaluation stage (Evaluation). This electronic teaching material was developed based on STEM. This teaching material's content consists of competencies, material, student worksheets for practicum, project assignments, discussions, and quizzes. The electronic teaching materials are also equipped with pictures, animations, simulations, virtual practicums, and videos. Teaching materials produced validated by material experts, media experts, learning experts, using a questionnaire with a Likert scale and product trials by teachers and students.

Keywords: teaching material, STEM, blended learning, fluid.

References

R. Anwar, “Hal-Hal yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013,” Jurnal Humaniora, pp. 97-106, 2013.

Sadjati, “Hakikat Bahan Ajar,” Jakarta : Universitas Terbuka, 2012.

N. A. Arif, “Konsep Bahan Ajar Elektronik,” 2010.

D. Ambarwulan and D. Muliyati, “The Design of Augmented Reality Application as Learning Media Marker-Based for Android Smartphone”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 2, no. 1, pp. 73 - 80, Jun. 2016.

P. Sinulingga, T. J. Hartanto, and B. Santoso, “Implementasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 2, no. 1, pp. 57 - 64, Jun. 2016.

Y. Supriyati, R. Raihanati, and W. Nilawati, “The Development of Horizontal Anchor Items Test Tool by Rasch Model for Physics National Examination using Macromedia Flash”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 37 - 50, Jun. 2020.

F. I. Dewi, N. A. Wibowo, D. N. Sudjito, and F. Rondonuwu, “The Design of One-Dimensional Motion and Two-Dimensional Motion Learning Media Using Digital Camera and Tracker-Based Air Track”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 65 - 74, Jun. 2020.

H. P. Fendi, “Pengembangan Buku Ajar Biologi Berbasis Blended Learning Sebagai Bekal Hidup Di Abad 21 Untuk Mahasiswa S1 Kimia FMIPA UM,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, pp. 50-61, 2015.

Husamah, “Pembelajaran Bauran,” Jakarta : Hasil Pustaka, 2013.

Rahmiyati, Hidayat dan Darmaji, “Pengembangan Modul Elektronik dengan Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Hukum Termodinamika untuk SMA/MA Kelas XI,” Jurnal Edufisika, pp 68-81, 2018.

Dewi, Kaniawati dan Suwarma, “Penerapan Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Pada Materi Listrik Dinamis,” Jurnal Quantum : Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, pp 381-385, 2018.

Krajcik and Delen, “Engaging Learners in STEM Education,” Estonian Journal of Education, 2017.

Chittum dkk, “The Effects of an Afterschool STEM Program on Student’s Motivation and Engagement,” International Journal of STEM Education, pp 1-6, 2017.

Wu, Deshler and Fuller, “The Effect of Different Versions of a Gateway STEM Course on Student Attitudes and Beliefs,” International Journal of STEM Education, pp 1-12, 2018.

I. S. Utami, M. Vitasari, I. Langitasari, I. Sugihartono, and Y. Rahmawati, “The Local Wisdom-Based STEM Worksheet to Enhance the Conceptual Understanding of Pre-service Physics Teacher”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 97 - 104, Jun. 2020.

Yusrizal, “Analysis of Difficulty Level of Physics National Examination’s Questions,” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, pp 140-149, 2016.

Loverude dkk, “Identifying and Addressing Student Difficulties with Hydrostatic Pressure,” American Journal of Physics, pp. 75-78, 2010.

Y. R. Denny, I. S. Utami, S. Rohanah, and D. Muliyati, “The Development of Blended Learning Model using Edmodo to Train Student Critical Thinking Skills on Impulse-Momentum Topic”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 113 - 120, Jun. 2020.

Nada, “ADDIE Model,” American International Journal of Contemporary Research, pp. 68-72, 2015.

Published
2020-12-31
How to Cite
Supriyati, Y., Permana, A. H., & Aziz, N. D. S. (2020). BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERBASIS STEM UNTUK BLENDED LEARNING PADA MATERI FLUIDA SMA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 9(1), SNF2020PF-105. https://doi.org/10.21009/03.SNF2020.02.PF.16
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya