PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM BANDUL FISIS BERBASIS SENSOR GYROSCOPE

  • Dhian Andriani Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No 1. Jakarta Timur 13220, Indonesia
  • Esmar Budi Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No 1. Jakarta Timur 13220, Indonesia
  • Sunaryo Sunaryo Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No 1. Jakarta Timur 13220, Indonesia

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat praktikum percobaan bandul fisis. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Pada perancangan alat praktikum digunakan sensor gyroscope sebagai perekam posisi simpangan untuk mengetahui nilai periode bandul fisis. Periode yang didapatkan akan digunakan untuk menghitung besar percepatan gravitasi. Sudut simpangan dimanipulasi dari 7o hingga 28o. Nilai percepatan gravitasi rata-rata untuk percobaan tanpa menggunakan beban dengan simpangan sudut dari 12o  hingga 28o adalah  10,34 m/s2  dan percepatan gravitasi rata-rata untuk percobaan menggunakan beban  dengan simpangan sudut dari 7o hingga 20o adalah  9,844 m/s2. Berdasarkan hasil percobaan dapat disimpulkan bahwa variasi sudut simpangan menggunakan batang uji akrilik tidak terlalu signifikan terhadap nilai percepatan gravitasi. Sementara itu, percobaan menggunakan beban dan tanpa beban cukup berpengaruh terhadap jumlah osilasi yang dapat dicapai.

Kata-kata kunci: Bandul Fisis, Gyroscope, Periode, Percepatan Gravitasi

Abstract

This study aims to develop physical pendulum as a tool required for experimental practicum. Research and development with ADDIE model was adapted as a research method. In designing the practicum tool, gyroscope sensor was used as to record deviation position in order to find out period value of the physical pendulum. The measured value of period was used to measure the gravitational acceleration value. The angle of deviation was manipulated from 7o until 28o. The average of gravitational acceleration values from experiment conducted without any weight and the angle of deviation set from 12until 28o was  10,34 m/s2 . Meanwhile, the average of gravitational acceleration in experiment conducted using weight and angle of deviation set differently from 7o until 20o was  9,844 m/s2. According to the experiment result, it can be concluded that the variety of the angle of deviation using acrylic test was not highly significant with the gravitational acceleration value. Besides, it was also found that the experiments both using and not using weights are adequately significant with total oscillation being achieved.

Keywords: Physical Pendulum, Gyroscope, Period, Gravitational Acceleration

References

D. Saepuzaman and S. Karim, “Desain Pembelajaran Student’s Conceptual Construction Guider Berdasarkan Kesulitan Mahasiswa Calon Guru Fisika pada Konsep Gerak Parabola”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 2, no. 2, pp. 79 - 86, Dec. 2016.

R. Haryadi and H. Pujiastuti, “The Science Literacy Capabilities Profile Using Guided Inquiry Learning Models”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 81 - 88, Jun. 2020.

M. A. Hasbi, Kosim and Gunawan, “Pengembangan Alat Peraga Listrik Dinamis (APLD) Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa,” Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, vol. 1, no. 1, pp. 57-67, 2015.

S. Sagala, “Konsep dan Makna Pembelajaran,” Bandung : Alfabeta, 2003.

A. Anita and F. Novianty, “The Students’ Characters Analysis in Physics Learning Process”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 75 - 80, Jun. 2020.

M. Their, B. Daviss, “The New Science Literacy: Using Language Skill To Help Students Learn Science,” Portsmounth: Reed Elsevier Inc, 2002.

Y. Supriyati, R. Raihanati, and W. Nilawati, “The Development of Horizontal Anchor Items Test Tool by Rasch Model for Physics National Examination using Macromedia Flash”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 37 - 50, Jun. 2020.

R. M. Branch, “Instructional Design : The ADDIE Approach,” Athens : Springer Science Corp, 2009.

9F. Dwiatmoko, Dzulkiflih, “Rancang Bangun Percobaan Bandul Fisis Berbasis Mikrokontroler Untuk Menetukan Periode Minimum,” Jurnal Inovasi Fisika Indonesia (IFI), vol. 08, no. 01, pp. 1-4, 2019.

M. Masrifah, A. Setiawan, P. Sinaga, and W. Setiawan, “An Investigation of Physics Teachers’ Multiple Representation Ability on Newton’s Law Concept”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 105 - 112, Jun. 2020

P. A. Tipler, “Fisika Untuk Sains Dan Teknik,” Jakarta: Erlangga, 1998.

P. Indriana, R. Endah, “Penentuan Momen Inersia Benda Tegar Mengunakan Metode Osilasi Bandul Fisis Berbasis Mikrokontroler,” Jurnal Inovasi Fisika Indonesia (IFI), vol. 06, no. 03, pp. 78-83, 2017.

Published
2020-12-31
How to Cite
Andriani, D., Budi, E., & Sunaryo, S. (2020). PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM BANDUL FISIS BERBASIS SENSOR GYROSCOPE . PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 9(1), SNF2020PF-137. https://doi.org/10.21009/03.SNF2020.02.PF.20
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya