PENGEMBANGAN MEDIA POSTER MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DILENGKAPI VIDEO PADA MATERI FLUIDA DINAMIS

  • Noviana Pratiwi Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Raihanati Raihanati Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Riser Fahdiran Program Studi Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan poster menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dilengkapi video sebagai media pembelajaran materi fluida dinamis. Metode peneltian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE dengan tahapan: 1) Analisis, 2) Perancangan, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi. Uji kelayakan melalui angket uji validitas oleh ahli materi, ahli media, dan ahli pembelajaran serta uji coba lapangan oleh pendidik dan peserta didik. Penelitian ini menghasilkan produk dalam bentuk poster fluida dinamis menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dilengkapi video berisikan penjelasan materi, gambar, contoh soal, dan latihan soal serta dapat diakses menggunakan QR Code yang tertera pada poster sebagai media pembelajaran fisika.

Kata-kata kunci: poster, problem based learning, video, fluida dinamis.

Abstract

This research aims to develop and produce posters using the model of Problem Based Learning (PBL) equipped video as a medium of learning dynamic fluid material. The study method used is Research and Development (R&D) which refers to the model ADDIE with the stages: 1) analysis, 2) planning, 3) development, 4) implementation, and 5) evaluation. Feasibility test through a validity test questionnaire by material experts, media experts, learning experts, and field trials by educators and learners. This research produces products in the form of dynamic fluid posters using the model Problem Based Learning (PBL) contains videos containing explanations of materials, images, examples of questions, and exercises and can be accessed using the QR Code on the poster as a physics learning medium.

Keywords: poster, problem based learning, video, dynamic fluid.

References

A. Suhandi, “Pendekatan Multirepresentasi Dalam Pembelajaran Usaha-Energi dan Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa,” JPFI, vol. 8, no. 1, pp. 1-7, 2012.

M. Masrifah, A. Setiawan, P. Sinaga, and W. Setiawan, “An Investigation of Physics Teachers’ Multiple Representation Ability on Newton’s Law Concept”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 105 - 112, Jun. 2020.

I. S. Utami, M. Vitasari, I. Langitasari, I. Sugihartono, and Y. Rahmawati, “The Local Wisdom-Based STEM Worksheet to Enhance the Conceptual Understanding of Pre-service Physics Teacher”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 6, no. 1, pp. 97 - 104, Jun. 2020.

P. Sinulingga, T. J. Hartanto, and B. Santoso, “Implementasi Pembelajaran Fisika Berbantuan Media Simulasi PhET untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis”, JPPPF (Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika), vol. 2, no. 1, pp. 57 - 64, Jun. 2016.

H. Gardner, “Multiple Intelligences Go to School: Educational Implications of the Theory of MultipleIntelligences,” American: American Educational Research Association, p. 4, 1989.

M. Yaumi, “Media & Teknologi Pembelajaran,” Jakarta: Prenadamedia Group, p. 123, 2018.

Daryanto, “Media Pembelajaran,” Bandung: Satu Nusa, p. 86, 2011.

Yuvica et al., “Penerapan Pendekatan Saintifik Melalui Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ekonomi Pada Siswa SMA Kelas X (Studi Penelitian Eksperimen Semu Di SMA Negeri 1 Palimanan Cirebon),” Edunomic, vol. 3, no. 2, pp. 262-278, 2015.

R. M. Branch, “Intructional Design The ADDIE Approach,” New York: Springer, p. 2, 2009.

Morissan, “Metode Penelitian Survei,” Jakarta: Prenadamedia Group, p. 192, 2017.

Published
2020-12-31
How to Cite
Pratiwi, N., Raihanati, R., & Fahdiran, R. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA POSTER MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DILENGKAPI VIDEO PADA MATERI FLUIDA DINAMIS . PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 9(1), SNF2020PF-149. https://doi.org/10.21009/03.SNF2020.02.PF.22
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya