PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID DENGAN METODE FODEM PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DAN GELOMBANG CAHAYA

  • Annisa Dita Suryaningtyas Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No 1. Jakarta Timur 13220, Indonesia
  • Handjoko Permana Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No 1. Jakarta Timur 13220, Indonesia
  • Firmanul Catur Wibowo Jurusan Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No 1. Jakarta Timur 13220, Indonesia

Abstract

Abstrak

Model pembelajaran Interactive Lecture Demonstrations (ILD) terbukti dapat membangun pemahaman siswa tentang konsep-konsep fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah bahan ajar berupa E-Modul berbasis Android dengan menggunakan model pembelajaran Interactive Lecture Demonstrations (ILD). Metode peneltian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Formative Development Methods (FODEM) yang terdiri dari tiga tahap, termasuk Analisis Kebutuhan, Implementasi, dan Evaluasi Formatif. Hasil penelitian ini adalah produk dalam bentuk E-Modul berbasis Android menggunakan sintaks ILD untuk materi gelombang cahaya dan gelombang bunyi. E-Modul berbasis Android ini dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai alternatif peserta didik untuk belajar mandiri. Melalui penilaian uji validasi yang digunakan berupa kuisioner skala likert dengan responden para ahli media, ahli materi, dan ahli pembelajaran, E-Modul berbasis Android ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri peserta didik SMA.

Kata kunci: E-Modul, Android, Interactive Lecture Demonstrations, FODEM

Abstract

Interactive Lecture Demonstrations (ILD) learning models are proven to be able to build students’ understanding of physics concepts. This study aims to produce a teaching material in the form of an E-Module based Android using the Interactive Lecture Demonstrations (ILD) learning model. The research method used in this study is the Formative Development Methods (FODEM) which consists of three stages, including Needs Analysis, Implementation, and Formative Evaluation. The results of this study are products in the form of an E-Module based Android using the ILD syntax for material light waves and sound waves. This E-Module based Android can be used in learning as an alternative for students to learn independently. Through the validation test assessment used in the form of a likert scale questionnaire with respondents from media experts, material experts, and learning experts, E-Module based Android it can be used as an independent learning medium for high school students.

Keywords: E-Module, Android, Interactive Lecture Demonstrations, FODEM

References

Depdiknas, “Mata Pelajaran Fisika untuk Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah,” Jakarta: Depdiknas, 2006.

S. P. Prasetya, “Memfasilitasi Pembelajaran Berpusat pada Siswa,” Jurnal Geografi, pp. 1-11, 2014.

P. N. J. M. Sinambela, “Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Pembelajaran,” Jurnal Pendidikan, pp. 17-29, 2017.

Y. P. Sukiminiandari, A. S. Budi dan Y. Supriyati, “Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Saintifik,” dalam Seminar Nasional Fisika 2015, Jakarta, 2015.

Depdiknas, “Panduan Pengembangan Bahan Ajar,” Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, 2008.

D. Rahdiyanta, “Teknik Penyusunan Modul,” 2016, Artikel.(Online) http://staff. uny. ac. id/sites/default/files/penelitian/dr-dwi-rahdiyanta-mpd/20-teknik-penyusunan-modul. pdf.

D. Sugianto et al., “Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar,” INVOTEC, pp. 101-116, 2013.

J. R. Meilana, I. D. P. Nyeneng dan W. Suana, “Pengembangan Modul Mobile Learning Berbasis Android pada Materi Fluida Statis,” Pembelajaran, pp. 1-10, 2017.

Darmaji, Astalini dan D. A. Kurniawan, “E-Module Based Problem Solving in Basic Physics Practicum for Science Process Skills,” iJOE, pp. 4-17, 2019.

Astalini et al., “Effectiveness of Using E-Module and E-Assessment,” iJIM, pp. 21-39, 2019.

P. R. Sasmita, H. Sakdiah dan Z. Hartoyo, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Interactive Lecture Demonstrations (ILDS) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Fisika Siswa,” Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, pp. 55-65, 2020.

Mazzolini, S. Daniel dan T. Edwards, “Using interactive lecture demonstrations to improve conceptual understanding of resonance in an electronics course,” Engineering Education, pp. 69-87, 2012.

K. Marwanti et al., “Assessment Virtual Test (ASVITE): Assessment Virtual Based on Interactive Lecture Demonstration (ILD) to Support Employability Skills,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, pp. 1-8, 2020.

L. Jumadin, A. Hidayat dan Sutopo, “Perlunya Pembelajaran Modelling Instruction pada Materi Gelombang,” Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, pp. 325-330, 2017.

R. Athiyyah, T. Al Farizi, and D. Nanto, “Improvement of Science Process Skills Through Sound Variable Intensity Level Tool Kit”, Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, pp. 89 - 96, Jun. 2020.

J. Suhenon, M. R. d. Villiers dan E. Sutinen, “FODEM: a multi-threaded research and development method for educational technology,” Educational Technology Research and Development, pp. 287-305, 2012.

G. D. Putra, A. Samsudin dan D. Saepuzaman, “Computer simulation-assisted conceptual change text (CS-CCT): a FODEM study on fluid dynamics,” Journal of Physics, pp. 1-9, 2019.

Published
2020-12-31
How to Cite
Suryaningtyas, A. D., Permana, H., & Wibowo, F. C. (2020). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ANDROID DENGAN METODE FODEM PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DAN GELOMBANG CAHAYA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 9(1), SNF2020PF-169. https://doi.org/10.21009/03.SNF2020.02.PF.25
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya