E-LEARNING BERBASIS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN SCHOOLOGY

  • Duwi Roisatul Maulidiyah Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No. 1, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13220, Indonesia
  • Vina Serevina Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No. 1, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13220, Indonesia
  • Agus Setyo Budi Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Rawamangun Muka No. 1, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta 13220, Indonesia

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-learning berbasis Discovery Learning menggunakan Schoology yang dapat digunakan dalam pembelajaran fisika SMA kelas XI semester 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIEyang dimodifikasi menjadi 4 tahapan, yaitu tahap analisis (Analyze), perencanaan (Design), pengembangan (Development) dan implementasi (Implementation). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah produk berupa e-learning fisika yang dilengkapi dengan fitur pembelajaran seperti animasi, video, kuis, forum diskusi, assignment dan rapor. E-learning ini berbasis model pembelajaran Discovery Learning dengan guru sebagai fasilitator. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan kepada 75 peserta didik didapatkan sebanyak 65,3% peserta didik menyatakan bahwa guru di sekolahnya belum menggunakan e-learning di dalam pembelajaran dan sebanyak 94,7% peserta didik belajar menggunakan bantuan internet. Selain itu sebanyak 52% peserta didik merasa model pembelajaran yang diterapkan oleh gurunya sekarang belummampu mengembangkan sikap, pengetahuan dan keterampilan peserta didik. Sedangkan berdasarkan hasil analisis guru yang dilakukan pada 3 guru kelas XI di 3 sekolah yang berbeda, menghasilkan bahwa ketiga guru tersebut belumpernah menggunakan e-learning di dalam pembelajaran fisika, tetapi mereka tertarik untuk menggunakannya. Berdasarkan analisis kebutuhan tersebut dapat dinyatakan bahwa dibutuhkan pengembangan E-learning berbasis Discovery Learning menggunakan Schoology.

Kata kunci: E-learning, Discovery Learning, SchoologyTuliskan abstrak.

Abstract

This research aims to produce e-learning based on Discovery Learning using Schoologywhich can used in physics learning in class XI semester 1. The method used in this research is the Research and Development (R&D) method with the ADDIE development model which modified into 4 stages, Analyze, Design, Development) and Implementation. The results obtained fromthis research are products in the formof e-learning physics that equipped with learning features such as animation, videos, quizzes, discussion forums, assignments and report cards. This e-learning based on the Discovery Learning learning model with the teacher as a facilitator. Based on the results of the needs analysis to 75 students it was found that 65.3% of students stated that the teachers in their schools had not used e-learning when they study and 94.7% of students learn by use the internet. In addition, 52% of students feel the learning model that applied by their teacher is not able to develop the attitudes, knowledge and skills of students yet. Where as based on the results of teacher analysis conducted on 3 teachers in 3 different schools, it resulted that all of them had never used e-learning in physics learning, but they interested in using it. Based on the analysis of these needs it can stated that development of E-learning based on Discovery Learning using Schoology is needed.

Keywords: E-learning, Discovery Learning, Schoology

References

S. Latifah, “Implementasi Pembelajaran Bervisi SETS disekolah,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika AlBiruni, 2014.

P. Dwi Aristya Putra, “Real Life Video Evaluation Dengan Sistem E- Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Krits Maha peserta didik Fisika,” Jurnal Kependidikan, vol. 45, no. 1, 2015.

D. Oktasari, D. Hediansah, J. Jumadi, and W. Warsono, “Instructional Technology: Teacher’s Initial Perception of TPACK in Physics Learning”, Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, pp. 131 - 138, Jun. 2020.

Internet World Stats, 2019, [Online documents], [Cited: Feb 26, 2020], http://www.internetworldstats.com/stats 3.html.

Makrifah, Inayati, “Pengembangan E-learning sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar(KJD) di SMK Syubbanul Wathon Tegalrejo Kabupaten Magelang,” Skripsi. Fakultas Teknik, Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika, Universitas Negeri Yogyakarta, 2018.

R. C. Clark & E. Richard, Mayer, “E-Learning and The Science of Intruction,” Canada : Simultancously, 2016.

F. Bakri, D. Muliyati & N. Inas, “Website E-Learning Berbasis Modul: Bahan Pembelajaran Fisika SMA Dengan Pendekatan Discovery Learning Jurnal Wahana Pendidikan Fisika,” vol. 3, no. 1, pp. 90-95, 2018.

R. K. Trivedi, N. Mohd dan R. Sharma, ”Proposed framework for open source based e- learning implementation in Uttarakhand,” International Journal of Engineering Research & Technology, vol. 2, no. 11, 2013.

R. Yunis & K. Telaumbanua, “Pengembangan E-Learning Berbasiskan LMS untuk Sekolah, Studi Kasus SMA/SMK di Sumatera Utara,” Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, vol. 6, no. 1, 2017.

Joshua et al., “The effectiveness of e-learning implementation using social learning network schoology on motivation & learning achievement,” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, vol. 5, no. 1, pp. 28-33, 2016.

J. Kuswanto, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII,” Universitas Baturaja, Sumatera Selatan, Indonesia, 2017.

Monalisa, “Pengembangan E-learning Berbasis Learning Cycle 5E Menggunakan Schoology Pada Materi Elastisitas dan Hukum Hooke,” Skripsi FMIPA Pendidikan Fisika Universitas Negeri Jakarta, 2019.

L. Nulhakim, F. R. Setiawan, and A. Saefullah, “Improving Students’ Creative Thinking Skills Using Problem-Based Learning (PBL) Models Assisted by Interactive Multimedia”, Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, pp. 9 - 16, Jun. 2020.

Y. R. Denny, I. S. Utami, S. Rohanah, and D. Muliyati, “The Development of Blended Learning Model using Edmodo to Train Student Critical Thinking Skills on Impulse-Momentum Topic”, Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, pp. 113 - 120, Jun. 2020.

I. Arifin, I. Wilujeng, and J. Jumadi, “The Effect of Quick on The Draw Model Assisted by The Physics Learning Book Integrated Pancasila Values on Critical Thinking Skill”, Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, pp. 121 - 130, Jun. 2020.

R. Athiyyah, T. Al Farizi, and D. Nanto, “Improvement of Science Process Skills Through Sound Variable Intensity Level Tool Kit”, Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, pp. 89 - 96, Jun. 2020.

E. Ellizar et al., “Development of Scientific Approach Based on Discovery Learning Module,” Graduate Chemistry Department, Faculty of Mathematics and Science Universitas Negeri Padang, Indonesia, 2018.

Sani, Ridwan Abdullah, “Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kuriklum 2013,” PT. Bumi Aksara: Jakarta, p. 97, 2015.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,” Bandung: Alfabeta, p. 297, 2016.

A. Benny, Pribadi, “Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi Implementasi Model ADDIE,” Jakarta : Prenada Media Group, cet. 2. p. 23, 2016.

Robert Maribe Branch, “Instructional Design: The ADDIE Approach,” London: Springer New York Dordrecht Heidelberg, p. 2, 2009.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D,” Bandung: Alfabeta, p. 93, 2016.

Published
2020-12-31
How to Cite
Maulidiyah, D. R., Serevina, V., & Budi, A. S. (2020). E-LEARNING BERBASIS DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN SCHOOLOGY. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 9(1), SNF2020PF-191. https://doi.org/10.21009/03.SNF2020.02.PF.29
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya