PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS CMS WORDPRESS PADA MATERI KONSEP DAN FENOMENA KUANTUM SMA KELAS XII

  • Eka Nuraini Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 13220, Indonesia
  • Anggara Budi Susila Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 13220, Indonesia
  • Sunaryo Sunaryo Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 13220, Indonesia

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul fisika berbasis CMS WordPress pada materi konsep dan fenomena kuantum SMA kelas XII sebagai multimedia pembelajaran mandiri bagi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan model pengembangan Dick and Carey yang terdiri dari sepuluh tahapan, yaitu Identifikasi Tujuan, Melakukan Analisis Instruksional, Mengidentifikasi Tingkah Laku Awal, Merumuskan Tujuan Kinerja, Pengembangan Tes Acuan, Pengembangan strategi Pengajaran, Pengembangan atau Memilih Pengajaran, Merancang dan Melaksanakan Evaluasi Formatif, Menulis Perangkat dan Evaluasi Sumatif, dan Revisi Pengajaran.  Hasil validasi dan uji coba menunjukkan rata-rata presentase oleh ahli materi sebesar 86,33%, oleh ahli media sebesar 94,30%, oleh ahli pembelajaran 80,80%, oleh guru Fisika SMA sebesar 93,30%, dan peserta didik SMA kelas XII sebesar 87,48%. Hasil rata-rata uji Gain sebesar 0,63 menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman peserta didik termasuk dalam interpretasi sedang. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa e-modul fisika berbasis CMS WordPress pada materi konsep dan fenomena kuantum sangat layak digunakan sebagai multimedia pembelajaran mandiri bagi peserta didik.

Kata-kata kunci: e-modul, Dick and Carey, WordPress.

Abstract

This study aims to develop an E-module of physics-based on CMS WordPress on high school grade XII's concept and quantum phenomena material as independent multimedia learning. The research method used is the research and development method using the Dick and Carey development model. The model consists of ten stages, namely Identification of Objectives, Conducting Instructional Analysis, Identifying Initial Behavior, Formulating Performance Objectives, Development of Reference Tests, Development of Strategies. Teaching, Developing or Choosing Teaching, Designing and Implementing Formative Evaluation, Writing Tools and Summative Evaluation, and Teaching Revision. The results of the validation and testing showed that the average percentage of material experts was 86.33%, media experts 94.30%, learning experts 80.80%, high school physics teachers 93.30%, and high school students’ class XII of 87.48%. The average result of the Gain test is 0.63, indicating that the increase in students' understanding is included in moderate interpretation. These results show that the e-module of physics-based on CMS WordPress on quantum phenomena and phenomena material is very suitable for students' multimedia independent learning.

Keywords: e-module, Dick and Carey, WordPress.

References

L. Herayanti, M. Fuaddunnazmi & H. Habibi, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Fisika Dasar,” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, vol. 1, no. 3, pp. 205-209, 2016.

I. W. Permana, “Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Berorientasi Objek Kelas XI RPL di SMK Negeri 2 Tabanan,” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 2017.

S. Ninoriya, P. M. Chawan & B. B. Meshram, “CMS, LMS, and LCMS For E-Learning,” IJCSI International Journal of Computer Science Issues, pp. 644-647, 2008.

B. Messenlehner & J. Coleman, “Building Web Apps With WordPress,” O’Reilly Media Inc, America, 2014.

D. F. Saputri, S. Fadilah & W. Wahyudi, “Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Fisika Matematika Berbasis Inkuiri dalam Perkuliahan Fisika Matematika,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 2, no. 2, pp. 7-14, 2016.

D. A. Tulandi, “Efektivitas Bimbingan Tugas Mahasiswa dalam Melakukan Asosiasi Fenomena Fisis dan Merumuskan Model Matematika Sederhana pada Mata Kuliah Kajian Fisika II,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 3, no. 1, pp. 49-56, 2017.

N. Suminten, “Strategi Pembelajaran Relating-Experiencing-Applying-Cooperating-Transferring (REACT) dengan Pendekatan Inkuiri untuk Mengurangi Miskonsepsi Fisika Siswa,” Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, vol. 9, 2015.

Puspendik Kemdikbud, “Laporan Hasil Ujian Nasional,” Pusat Penilaian Pendidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2019.

A. Halim et al., “The Impact of the E-Learning Module on Remediation of Misconceptions in Modern Physics Courses,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 2, pp. 203-216, 2020.

G. Gunawan, A. Setiawan & D. Widyantoro, “Model Virtual Laboratory Fisika Modern untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Calon Guru,” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), pp. 25-32, 2013.

Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta, 2013.

F. A. Perdana, “Development of e-module combining science process skills and dynamics motion material to increasing critical thinking skills and improve student learning motivation senior high school,” International Journal of Science and Applied Science, Conference Series, 2016.

T. Solihudin, “Pengembangan E-modul Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis dan Listrik Dinamis SMA,” WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), pp. 51-61, 2018.

D. Oktasari et al., “Instructional Technology: Teacher’s Initial Perception of TPACK in Physics Learning,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, pp. 131-138, 2020.

Published
2022-01-31
How to Cite
Nuraini, E., Susila, A. B., & Sunaryo, S. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL FISIKA BERBASIS CMS WORDPRESS PADA MATERI KONSEP DAN FENOMENA KUANTUM SMA KELAS XII. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 10(1), PF-1 . https://doi.org/10.21009/03.SNF2022.02.PF.01
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya