PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ASINKRON MANDIRI BERBASIS TRANSFORMATIVE LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI FLUIDA DINAMIS

  • Aninda Adhiguna Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta Jalan Pemuda Nomor 10 Rawamangun, Jakarta, 13220, Indonesia
  • Yetti Supriyati Saefudin Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta Jalan Pemuda Nomor 10 Rawamangun, Jakarta, 13220, Indonesia
  • Hadi Nasbey Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta Jalan Pemuda Nomor 10 Rawamangun, Jakarta, 13220, Indonesia

Abstract

Abstrak

Pandemi Corona Virus Sisease (Covid-19) memberikan dampak kepada seluruh bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan. Proses kegiatan belajar mengajar dialihkan menjadi pendidikan jarak jauh dengan sistem pembelajaran dalam jaringan atau online. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan media pembelajaran asikron mandiri berbasis transformative learning berbantuan google classroom  terutama pada materi fluida dinamis. Pengembangan ini menggunakan model DDD-E (Decide, Design, Develop, Evaluate). Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran asinkron mandiri berbasis transformative learning yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran jarak jauh.

Kata-kata kunci: pembelajaran jarak jauh, transformative learning, google classroom, fluida dinamis.

Abstract

The Corona Virus Sisease pandemic (Covid-19) has an impact on all fields, one of which is education. The process of teaching and learning activities is diverted to distance education with online learning system. This research aims to develop asynchronous media based on transformative learning assisted by google classroom, especially in dynamic fluid material. This development uses DDD-E models (Decide, Design, Develop, Evaluate). The result of this study is a asynchronous media based on transformative learning that can be used in the process of distance learning.

Keywords: distance learning, transformative learning, google classroom, dynamic fluid.

References

Purwanto dkk, “Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar,” Journal of Education, Psychology, and Counselling, vol. 2, no. 1, 2020.

Sofyana, Abdul, “Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun,” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, vol. 8, no. 1, pp. 81-86, 2019.

Rusman dkk, “Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi,” Rajawali Pers, Jakarta, 2013.

de Lurdes Martins, Maria, “How to Effectively Integrate Technology in the Foreign Language Classroom for Learning and Collaboration,” Procedia - Social and Behavioral Sciences, vol. 174, pp. 77-84, 2015.

R. F. Ramadannisa & M. M. Hartina, “The Design of Web-Based Learning Using Google Sites for Teaching Heat and Temperature Topic,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 2, pp. 107-114, 2021.

Ernawati, “Pengaruh penggunaan aplikasi google classroom terhadap kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI di MAN 1 kota Tanggerang Selatan,” skripsi, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIB Syarif Hidaytullah, 2018.

Ila Rosmilawati, “Konsep Pengalaman belajar dalam perspektif tarnsformatif: antara Mezirow dan Freire,” Prosiding seminar nasional pendidikan, FKIP UNTIRTA, 2017.

Tegeh I Made et al., “Model Penelitian Pengembangan,” Graha Ilmu, Yogyakarta, 2014.

S. Sunaryo, H. Nasbey & H. Amelia, “Learning Media Development using Transformative Learning Strategy Android Application as a Distance Learning Support on Static Fluid,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 61-72, 2021.

M. Mutoharoh & D. Ambarwulan, “Evaluation of the use of the Moodle Platform for Fundamental Physics Lectures at University,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 2, pp. 169-176, 2021.

P. Khoirun Nissa & B. Lorenza Dheanti, “The E-Learning Design for Problem Based Learning in Dynamic Fluid Topic using Microsoft Sway,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 2, pp. 115-122, 2021.

J. Avila, K. Sostmann, J. Breckwoldt et al., “Evaluation of the free, open source software WordPress as electronic portfolio system in undergraduate medical education,” BMC Med Education, vol. 16, p. 157, 2016.

Published
2022-01-31
How to Cite
Adhiguna, A., Saefudin , Y. S., & Nasbey, H. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ASINKRON MANDIRI BERBASIS TRANSFORMATIVE LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM PADA MATERI FLUIDA DINAMIS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 10(1), PF-69 . https://doi.org/10.21009/03.SNF2022.02.PF.11
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya