VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON DENGAN PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI ELASTISITAS

  • Rizka Rizkiyanti Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1, Jakarta Timur, Kode Pos (13220), Indonesia
  • Firmanul Catur Wibowo Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1, Jakarta Timur, Kode Pos (13220), Indonesia
  • Agus Setyo Budi Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1, Jakarta Timur, Kode Pos (13220), Indonesia

Abstract

Abstrak                                                                     

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran berbasis powtoon dengan pendekatan flipped classroom yang dapat digunakan untuk media pembelajaran pada materi elastisitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Langkah-langkahnya adalah melakukan analisis, melakukan perancangan produk, melakukan pengembangan produk, melakukan implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian pendahuluan yang dilakukan kepada siswa SMA di Jakarta dengan total 30 responden didapatkan hasil: sebanyak 89.3% responden tertarik untuk belajar fisika menggunakan media pembelajaran dalam bentuk video, sebanyak 85.7% responden menyatakan bahwa belajar fisika menggunakan media pembelajaran dalam bentuk video membantu dalam memahami materi, sebanyak 92.9% responden menyatakan bahwa peserta didik menyukai video pembelajaran dengan bentuk video animasi, sebanyak 75% responden tertarik untuk belajar fisika menggunakan media pembelajaran dalam bentuk video berbasis powtoon. Uji kelayakan video pembelajaran berbasis powtoon dengan pendekatan flipped classroom pada materi elastisitas di validasi oleh ahli media dan ahli materi menggunakan angket uji validasi. Kemudian, pengujian dilakukan kepada sejumlah siswa di tingkat SMA.

Kata-kata kunci: video pembelajaran, powtoon, pendekatan flipped classroom, materi elastisitas

Abstract

This study aims to produce a-based learning video powtoon with approach flipped classroom that can be used as instructional media on elasticity material. The method used in this research is Research and Development (R&D) with the ADDIE model (analysis, design, development, implementation, evaluation). The steps are analyzing, designing products, developing products, implementing and evaluating. The results of preliminary research conducted on high school students in Jakarta with a total of 30 respondents obtained results: as many as 89.3% of respondents were interested in learning physics using learning media in the form of video, as many as 85.7% of respondents stated that learning physics using learning media in the form of video helped in understanding the material , as many as 92.9% of respondents stated that students like learning videos in the form of animated videos, as many as 75% of respondents are interested in learning physics using learning media in the form of-based videos powtoon. The feasibility test of-based learning videos  powtoon with the approach flipped classroom on elasticity material was validated by media experts and material experts using a validation test questionnaire. Then, testing was carried out on a number of students at the high school level.  

Keywords: instructional videos, powtoon, approach flipped classroom, elasticity material. 

References

S. Rezeki & Ishafit, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum,” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 3, no. 1, pp. 29-34, 2017.

O. N. Lalian, “The Effects of Using Video Media in Mathematics Learning on Students’ Cognitive and Affective Aspects,” AIP Conference Proceedings, USA, pp. 1-4, 2018.

E. Y. Wijaya, D. A. Sudjimat & A. Nyoto, “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang, vol. 1, pp. 263-278, 2016.

S. W. A. Latif et al., “Implementing the Flipped Classroom Model in the Teaching of History,” Journal of Education and Learning, vol. 11, no. 4, pp. 373-380, 2017.

Aşiksoy et al., “Flipped Classroom adapted to the ARCS Model of Motivation and applied to a Physics Course,” Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, vol. 12, no. 6, pp. 1589-1603, 2016.

C. K. Lo & K. F. Hew, “A Critical Review Of Flipped Classroom Challenges In K-12 Ducation: Possible Solutions And Recommendations For Future Research,” Research and Practice in Technology Enhanced Learning, vol. 12, no. 1, 2017.

S. B. Djamarah & A. Zain, “Strategi Belajar Mengajar,” Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

D. Nurainun & S. Saehana, “Pengembangan Media Video Pembelajaran Semikonduktor Fotokatalis,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, vol. 3, no. 3, pp. 89-93, 2019.

A. L. Aca & D. Sulisworo, “Development of Lightboard-Based Flipped Classroom Learning Videos on Parabolic Motion Materials,” Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar, vol. 8, no. 2, pp. 111-120, 2020.

F. Bakri et al., “The Design of Physics Learning Video as Joyful Based Learning Media Enrichment by Powtoon,” Journal of Physics, 2019, doi:10.1088/1742-6596/1491/1/012061.

Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D,” Bandung : Alfabeta, 2015.

E. Mulyatiningsih, “Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan,” Bandung : Alfabeta, 2011.

K. P. Lestari, H. Nasbey & R. Raihanati, “The Development of “Poster Equipped with Video (POSEVI)” on Fluids at Rest Topic for 11th Grade Students,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 91-98, 2021.

S. Syamsidar, K. Khaeruddin & H. Helmi, “The Effectiveness of using Student Worksheets to Practice Science Process Skills on Hooke’s Law Material,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 1, pp. 83-90, 2021.

T. Suganda et al., “The Correlation of Isomorphic, Open-Ended, and Conventional Score on the Ability to Solve Kinematics Graph Questions,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 2, pp. 173-180, 2020.

Published
2022-01-31
How to Cite
Rizkiyanti, R., Wibowo, F. C., & Budi, A. S. (2022). VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON DENGAN PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI ELASTISITAS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 10(1), PF-91 . https://doi.org/10.21009/03.SNF2022.02.PF.14
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya