PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI GERAK PARABOLA KELAS X

  • Muhammad Rijaluddin Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1, Jakarta Timur, Kode Pos (13220), Indonesia
  • Dwi Susanti Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Jalan Rawamangun Muka No. 1, Jakarta Timur, Kode Pos (13220), Indonesia

Abstract

Abstrak

Perkembangan teknologi dan informasi saat ini sangat memudahkan dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satunya adalah perkembangan modul dari fisik ke bentuk elektronik. Artikel ini memaparkan hasil pengembangan modul elektronik berbasis discovery learning pada materi gerak parabola kelas X. Metode penelitian ini adalah Research and Development dengan model ADDIE. Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan, mendesain produk, mengembangkan produk, memvalidasi produk oleh para ahli, uji coba secara terbatas kepada peserta didik dan guru, serta dilakukan evaluasi. Hasil produk menggunakan Flip PDF Professional dan dipublikasikan secara online tanpa memerlukan aplikasi pembaca, terdapat multimedia didalamnya seperti video, audio, animasi dan hyperlink agar lebih menarik untuk dipelajari. Tahapan model discovery learning pada modul yaitu: stimulus, identifikasi masalah, pengumpulan data, perhitungan data, verifikasi dan kesimpulan.

Kata-kata kunci: Modul Elektronik, ADDIE, Discovery Learning dan Gerak Parabola

Abstract

The development of technology and information today greatly facilitates teaching and learning activities. One of them is the development of modules from physical to electronic form. This article describes the results of the development of an electronic module based on discovery learning on projectile motion material. The research method is in the form of Research and Development with the ADDIE model. The steps include analyzing needs, designing products, developing products, validating products by experts, and limited trial products to teachers and students and evaluation. The product results using Flip PDF Professional and published online without need reader application, there are multimedia in this product such as video, audio, animation and hyperlink to be interesting to learn. The stages of the discovery learning model in the module are stimulation, problem statement, data collection, data processing, verification and generalization.

Keywords: e-module, ADDIE, Discovery Leaarning, projectile motion

References

D. Agus Kurniawan & L. Rofiatus Sholihah, “Student’s Attitude Description Toward Physics On Secondary SchooL,” Edusains, vol. 10, no. 1, pp. 161-167, 2018.

M. S. Abdillah & R. Kustijono, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Simulasi Game Pada Pokok Bahasan Gerak Parabola Untuk Mendukung Ketuntasan Hasil Belajar Siswa,” J. Inov. Pendidik. Fis., vol. 5, no. 2, pp. 17-20, 2016.

S. E. Putri & I. P. Suwarna, “The Experimental Study of Kinesthetic Style Student Learning Outcomes in Remedial Teaching Assisted by Projectile Motion Props,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 1, pp. 25-36, 2020.

D. Novisya, “Analisis Kemampuan Siswa Dalam Penyelesaian Soal-Soal Fisika Pada Materi Gerak Parabola Kelas XI IPA Di SMAN 1 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman,” Batu Sangkar, 2017.

A. Purwanto et al., “Universitas Muhammadiyah Enrekang Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar,” 2020.

Ramadhani, Tazkia, & D. Koryati, “Analisis Model Dan Media Pembelajaran Yang Digunakan Oleh Guru Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Se-Kecamatan Inderalaya,” J. PROFIT Kaji. Pendidik. Ekon. dan Ilmu Ekon., vol. 2, no. 1, pp. 34-45, 2016.

L. E. Ott et al., “Discovery Learning: Development of a Unique Active Learning Environment for Introductory Chemistry,” J. Scholarsh. Teach. Learn., vol. 18, no. 4, pp. 161-180, 2018.

B. S. Kurniasih, Imas, “Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP yang Sesuai Dengan Kurikulum 2013,” Jakarta: Kata Pena, 2014.

W. I. Ina, K. B. Pranata & H. D. Ayu, “Upaya Meredam Miskonsepsi Siswa Melalui Model Discovery Learning Pada Materi Hukum Ii Newton Di Smpn 10 Malang Kelas VIII,” J. Terap. Sains Teknol., vol. 2, no. 2, pp. 88-92, 2020.

Y. Ekawati, W. Sunarno & Cari, “Pembelajaran Fisika Melalui Discovery Learning Dengan Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreativitas Siswa Smk Kelas X Pada Materi Sifat Mekanik Bahan,” Inkuiri, vol. 6, no. 3, pp. 17-28, 2017.

R. H. Putri, A. D. Lesmono & P. D. Aristya, “Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar,” J. Pembelajaran Fis., vol. 6, no. 2, pp. 168-174, 2017.

A. H. Mashurin, H. Mubarok & B. K. Prahani, “Profile of Guided Discovery Learning Implementation Assisted by Virtual Lab and Students’ Problem-Solving Skills on Gas Kinetic Theory,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 2, pp. 131-144, 2021.

Dipti Arora, “E-books with Flip Effect: A Practitioner’s Guide,” Int. J. Inf. Dissem. Technol., vol. 9, no. 1, pp. 6-11, 2019.

S. Mandal, Abhijit Chakrabarti & Sukanta Maji, “Integration of PDF Flip Book Reader in Koha OPAC for Easy Access and Dissemination of Fulltext Library Resources among the Users,” J. Libr. Inf. Sci., vol. 7, no. 4, pp. 620-625, 2017.

E. Watin & R. Kustijono, “Efektivitas penggunaan E-book dengan Flip PDF Professional untuk melatihkan keterampilan proses sains,” Prosiding Seminar Nasional Fisika in SNF, vol. 1, pp. 124-129, 2017.

K. V. Febrianti, F. Bakri & H. Nasbey, “Pengembangan Modul Digital Fisika Berbasis Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus,” WaPFi (Wahana Pendidik. Fis., vol. 2, no. 2, p. 18, 2017.

N. S. Annisa Rahim, Jufrida, “Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Discovery Learning Menggunakan 3D Pageflip Professional Pada Materi Gerak Lurus Untuk KelaS X SMA,” pp. 1-11, 2017.

Robert Maribe Branch, “Instructional Design: The ADDIE Approach,” Athens: Springer, 2011.

Depdiknas, “Penulisan Modul,” Penulisan Modul, vol. 98, no. 1, pp. 158-161, 2008.

Muhibbin Syah, “Psikologi Belajar,” Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

D. Ariana, R. P. Situmorang & A. S. Krave, “Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Pada Materi Jaringan Tumbuhan Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas XI IPA SMA,” J. Pendidik. Mat. dan IPA, vol. 11, no. 1, pp. 34-46, 2020.

I. A. Nichen Irma Cintia, Firosalia Kristin, “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa,” Perspekt. Ilmu Pendidik., vol. 32, no. 1, pp. 69-77, 2018.

Kemendikbud, “Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning),” Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, 2013.

M. A. Said, M. Arsyad & M. Tawil, “The Development of Electronic Practicum Modules at Electronic Course for Physics Education Program,” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 7, no. 2, pp. 99-106, 2021.

S. H. Fatihah, N. N. Mulyaningsih & I. A. D. Astuti, “Inovasi Bahan Ajar Dinamika Gerak dengan Modul Pembelajaran Berbasis Discovery Learning,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 6, no. 2, p. 182, 2020.

Published
2022-01-31
How to Cite
Rijaluddin, M., & Susanti, D. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATERI GERAK PARABOLA KELAS X. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 10(1), PF-117 . https://doi.org/10.21009/03.SNF2022.02.PF.18
Section
Pendidikan Fisika dan Aplikasinya