PENERAPAN STRATEGI METAKOGNISI PADA PEMBELAJARAN KALOR UNTUK MENGIDENTIFIKASI PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH

  • Intan Asriningsi Departemen Pendidikan Fisika, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154
  • Duden Saepuzaman Departemen Pendidikan Fisika, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154
  • Selly Ferranie Departemen Pendidikan Fisika, FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung 40154

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah saat pembelajaran materi kalor yang menerapkan strategi metakognisi dengan metode group investigation. Metakognisi didefinisikan sebagai kemampuan individu untuk merefleksikan, memahami, dan mengendalikan pikiran mereka sendiri dan bertindak. Oleh karena itu strategi metakognisi berupa langkahlangkah untuk menuntun siswa dalam menyelesaikan masalah dengan mempertimbangkan beberapa alternatif penyelesaian. Langkah-langkahnya dituangkan dalam sebuah format jurnal pemikiran siswa. Proses berpikir siswa ditinjau dari jawaban siswa dalam jurnal pemikirannya yang diawali masalah yang harus diselesaikan. Pertama siswa menjawab permasalahan dengan kemampuan awal yang dimiliki dengan hasil 53,85% siswa menjawab salah begitupun dengan alasan yang diungkapkannya, dan 46,15% siswa menjawab benar dengan spesifikasi 5,13% menjawab dengan alasan benar dan 41,02% alasannya bervariasi dan kurang tepat. Selanjutnya siswa diberikan alternatif pemecahan masalah berupa browsing internet dan diskusi kelompok, sehingga 82,05% siswa merubah jawaban permasalahan terutama merubah alasannya dan 17,95% tetap dengan jawaban awalnya. Setelah itu siswa diberikan alternatif pemecahan masalah lain berupa eksperimen, sehingga diakhir siswa mempertimbangkan jawaban yang paling tepat adalah dari alternatif-alternatif yang diberikan. Pada jawaban akhir siswa ditemukan 71,79% siswa memilih alternatif dengan jawaban dari eksperimen, 17,95% siswa menjawab dengan jawaban dari internet, dan 10,25% siswa tanpa menyebutkan alasannya. Temuan ini menunjukan adanya proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah. Penggunaan strategi ini membuat siswa berpikir untuk mempertimbangkan alternatif penyelesaian untuk mendapatkan penyelesaian masalah yang tepat.


Kata-kata kunci: Metakognisi, Grup investigasi, kalor


Abstract


This study aimed to identify the students’ thinking process in solving problems while learning the heat material. Applying metacognitive strategies with group investigation methods. Metacognition is defined as an individual's ability to reflect, understand, and control their own thoughts and acts. Therefore, metacognition strategy is a guide to solve problems by considering several alternative solutions. The steps outlined in a journal students' thinking. The students thinking process were observed from of the students' answers in the journal students' thinking. In a the journal students' thinking raised the problem which need to be solved. The students were answering the problem by using basic ability with the results 53.85% of students answered incorrectly as well as the reason, and 46.15% of students answered correctly with specifications of 5.13% were answered with appropriate reasons, and 41.02% were answered with the varied and unsuitable reason. Furthermore, students were given alternative solutions such as Internet browsing and group discussions, so that 82.05% of students change the answers of the problems, especially changing the reasons and 17.95% remained the answer. After that the students were given another alternative solutions in the form of experiments, so the students considered the most appropriate answer from alternatives given. At the end, the students' answers are found 71.79% of students choose an alternative to the answer of the experiment, 17.95% of students responded with answers from the internet, and 10.25% students answer without mentioning the reason. This finding indicates the thinking process of students in solving problems. The use of this strategy makes students think to consider alternative solutions to get a proper solution of the problem.


Keywords: Metacognition, Group investigation, heat

Published
2016-10-30
How to Cite
ASRININGSI, Intan; SAEPUZAMAN, Duden; FERRANIE, Selly. PENERAPAN STRATEGI METAKOGNISI PADA PEMBELAJARAN KALOR UNTUK MENGIDENTIFIKASI PROSES BERPIKIR SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), [S.l.], v. 5, p. 1 - 6, oct. 2016. ISSN 2476-9398. Available at: <http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/3810>. Date accessed: 21 sep. 2017. doi: https://doi.org/10.21009/0305010101.
Citation Formats