PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) BERDASARKAN GAYA BELAJAR VARK(VISUAL)

  • Heni Rusnayati Departemen Pendidikan Fisika FPMIPA UPI Bandung
  • Galih Fajar Gumelar Departemen Pendidikan Fisika FPMIPA UPI Bandung
  • Dadi Rusdiana Departemen Pendidikan Fisika FPMIPA UPI Bandung

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang dipengaruhi model pembelajaran berbasis proyek yang disesuaikan dengan gaya belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif kuasi eksperimen desain the static-group pretest-posttes design yang melibatkan dua kelas (eksperimen dan kontrol) sebagai subyek penelitian. Kelas kontrol menggunakan pembelajaran berbasis proyek tanpa disesuaikan dengan gaya belajar sebagai perlakuan penelitian. Hasil penelitian pada siswa kelompok belajar visual menunjukkan bahwa: 1) model pembelajaran berbasis proyek memberikan peningkatan hasil belajar siswa dengan  nilai <g> siswa kelompok gaya belajar visual untuk kelas eksperimen sebesar 0,43 kategori sedang dan kelas kontrol 0,22 kategori rendah, 2) Model pembelajaran berbasis proyek disesuaikan dengan gaya belajar siswa memberikan pengaruh yang sedang terhadap peningkatan hasil belajar siswa, hasil tersebut disimpulkan dari nilai effect size sebesar 0,55 (simpangan baku 0,38), 3) Respon siswa terhadap model pembelajaran berbasis proyek yaitu senang pada proses pembelajaran yang dilakukan dan mendukung penerapannya pada pembelajaran di dalam kelas.

Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, gaya belajar VARK, hasil belajar

Published
2016-10-30
How to Cite
Rusnayati, H., Gumelar, G. F., & Rusdiana, D. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) BERDASARKAN GAYA BELAJAR VARK(VISUAL). PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 5, SNF2016-EER. https://doi.org/10.21009/0305010305