Pengaruh Penugasan Proyek Pembuatan Mikroskop Sederhana dari Barang Bekas terhadap Kreativitas Siswa SMK

  • Musa Dimyati Prodi S2 Pendidikan Fisika, PPs Universitas Negeri Semarang Jalan Bendan Ngisor, Sampangan, Semarang, 50233
  • Sutikno Sutikno Prodi S2 Pendidikan Fisika, PPs Universitas Negeri Semarang Jalan Bendan Ngisor, Sampangan, Semarang, 50233
  • Masturi Masturi Prodi S2 Pendidikan Fisika, PPs Universitas Negeri Semarang Jalan Bendan Ngisor, Sampangan, Semarang, 50233

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penugasan proyek pembuatan mikroskop sederhana dari barang bekas terhadap kreativitas siswa SMK program keahlian teknologi dan rekayasa. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group. Pengambilan data dilakukan dengan mengamati kreativitas siswa melalui penugasan proyek pembuatan  mikroskop sederhana dari barang bekas dan kreativitas siswa melalui penugasan soal-soal konsep mikroskop. Kelompok pertama adalah siswa yang belajar optika dan diberi penugasan proyek pembuatan  mikroskop sederhana dari barang bekas, dan kelompok kedua adalah siswa yang belajar optika dan diberi penugasan soal-soal konsep mikroskop. Sebelum dilakukan perlakuan dan pengambilan data, instrumen yang digunakan telah melalui uji ahli. Data yang telah diproses dianalisis menggunakan uji komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata kreativitas siswa yang diberi penugasan proyek pembuatan mikroskop sederhana sebesar 69,31% dan rata-rata kreativitas siswa yang diberi penugasan soal-soal konsep mikroskop sebesar 39,72%. Dengan demikian ada pengaruh signifikan penugasan proyek pembuatan mikroskop sederhana terhadap kreativitas siswa SMK.

Kata Kunci: kreativitas, mikroskop sederhana, penugasan proyek.

Published
2015-10-30
How to Cite
Dimyati, M., Sutikno, S., & Masturi, M. (2015). Pengaruh Penugasan Proyek Pembuatan Mikroskop Sederhana dari Barang Bekas terhadap Kreativitas Siswa SMK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 4, SNF2015-I. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/4650