PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X YANG DIAJARKAN MODEL GROUP INVESTIGATION DENGAN MODEL TWO STAY TWO STRAY

  • Ana Zahroni Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda No. 10 Rawamangun 13220
  • Dr. Betty Zelda Siahaan, MM Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda No. 10 Rawamangun 13220
  • Drs. Cecep Rustana, Ph.D Pendidikan Fisika, Jurusan Fisika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda No. 10 Rawamangun 13220

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar fisika pada bahasan alat-alat optik kelas X antara yang diajarkan model group investigation dengan model two stay two stray. Model penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan yaitu post-test only control design. Populasi target pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 98 Jakarta tahun pelajaran 2014/2015. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat perbandingan hasil belajar fisika siswa antara yang diajarkan model group investigation dengan model two stay two stray. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa observasi dan tes uraian. Instrumen penelitian uraian sebelum digunakan terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Analisa data mengunakan uji normalitas dengan chi square dan uji homogenitas dengan uji F serta uji hipotesis dengan uji t’. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbandingan hasil belajar fisika pada bahasan alat-alat optik kelas X antara yang diajarkan model group investigation dengan model two stay two stray.

Keywords : hasil belajar fisika, model pembelajaran group investigation, model pembelajaran two stay two stray.

Published
2015-10-30