PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME DENGAN PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF DAN MISKONSEPSI FISIKA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

  • Fajar Subijakto Universitas Negeri Jakarta, Jalan Cipinang Kebembem no 2, RT 8 RW10, Jakarta Timur, 13230

Abstract

Telah dilaksanakan penelitian quasi eksperimen dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa khususnya yang mengalami miskonsepsi fisika. Miskonsepsi fisika merupakan permasalahan serius dan bersifat kontinuitas dalam proses pembelajaran fisika sehingga perlu penanganan khusus. Strategi pembelajaran konstruktivisme dengan pendekatan konflik kognitif merupakan salah satu solusi dalam menangani siswa yang mengalami miskonsepsi fisika. Sebagai kelas kontrol dilakukan di SMP Negeri 185 Jakarta dan sebagai kelas eksperimen dilakukan di SMP Negeri 16 Jakarta. Penelitian ini menggunakan teknik disain factorial 2x2. Untuk menguji hipotesis menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalur, dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian dengan analisis varian (ANAVA) dua jalur menunjukkan bahwa (1) Pengaruh A terhadap Y (main effect 1) diperoleh Fhitung 5,36 ˃Ftabel 4,06 dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima, yang menunjukkan ada pengaruh strategi pembelajaran konstruktivisme terhadap hasil belajar fisika. (2) Pengaruh B terhadap Y (main effect 2) diperoleh Fhitung 8,18˃Ftabel 4,06 dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima, yang menunjukkan ada pengaruh tingkat miskonsepsi fisika siswa terhadap hasil belajar fisika siswa. (3) Pengaruh interaksi A dan B terhadap Y (interaction effect) diperoleh Fhitung  443,74˃Ftabel 2,95 dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima yang menunjukkan ada pengaruh interaksi yang signifikan antara variabel A dan B terhadap Y. Untuk hipotesis berikutnya dilanjutkan dengan uji Tukey yang juga membuktikan bahwa penerapan strategi pembelajaran konstruktivisme dengan pendekatan konflik kognitif dapat mengatasi miskonsepsi fisika siswa. Dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran konstruktivisme dengan pendekatan konflik kognitif merupakan cara yang ampuh dalam mengatasi miskonsepsi fisika siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa.

Keywords: Strategi pembelajaran, strategi pembelajaran konstruktivisme, konflik kognitif, miskonsepsi fisika, hasil belajar fisika.

Published
2015-10-30