STUDY LITERASI PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL SAVI YANG MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP KONSISTENSI KONSEPSI DAN PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA SMA

  • Fatmawati Fatmawati Program Studi Pendidikan Fisika Sekolah Pascasarjana Program Magister UPI Bandung
  • Dadi Rusdiana Program Studi Pendidikan Fisika Sekolah Pascasarjana Program Magister UPI Bandung

Abstract

Konsistensi konsepsi dan kemampuan kognitif merupakan suatu yang penting dalam dunia pendidikan. Menjadikan siswa konsisten terhadap konsep dan memiliki kemampuan kognitif yang tinggi dapat dilatihkan dengan pengajaran melalui model pembelajaran SAVI yang menggunakan metode Brainstorming. Dimana dalam pembelajaran ini melibatkan beberapa indra diantaranya Somatic (gerak), Auditory (mendengar), Visual (melihat), dan Intellectual (berpikir). Metode Brainstorming sendiri bertujuan untuk memperoleh berbagai kemungkinan pemecahan masalah (berbicara) sehingga suatu informasi yang diutarakan melalui Brainstorming akan lebih berbekas pada ingatan siswa. Dengan menerapkan model pembelajaran SAVI yang menggunakan metode Brainstorming menekankan siswa selalu aktif dalam pembelajaran dan melibatkan berbagai indera yang memungkinkan siswa belajar dengan lebih bermakna sehingga kemampuan kognitif siswa tinggi dan siswa lebih konsisten terhadap konsep. Analoginya, semakin banyak lampu yang dinyalakan, maka semakin banyak cahaya yang dipantulkan, dan semakin teranglah suatu ruangan. Begitu juga dengan model SAVI yang menggabungkan lebih dari satu indera, apalagi ditambah dengan metode Brainstorming. Jika hanya dengan satu indera hasilnya tidak optimal, maka dengan melibatkan beberapa indera dipredisikan hasil pembelajaran akan dapat menghasilkan kemampuan yang lebih mendalam, utuh, dan makismal.

Keywords: Model SAVI, Metode Brainstorming, Konsistensi Konsepsi, Kemampuan Kognitif.

Published
2015-10-30