PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HUKUM NEWTON MENGGUNAKAN FOTONOVELA BERBASIS KEARIFAN LOKAL

  • Arista Rahayu Prodi S2 Pendidikan Fisika, PPs Universitas Negeri Semarang, Jl. Bendan Ngisor, Sampangan, Semarang, 50233
  • Sutikno Sutikno Prodi S2 Pendidikan Fisika, PPs Universitas Negeri Semarang, Jl. Bendan Ngisor, Sampangan, Semarang, 50233
  • Masturi Masturi Prodi S2 Pendidikan Fisika, PPs Universitas Negeri Semarang, Jl. Bendan Ngisor, Sampangan, Semarang, 50233

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu pengembangan media pembelajaran fisika menggunakan fotonovela berbasis kearifan lokal pokok bahasan Hukum Newton. Fotonovela bersifat sangat representatif dalam menyajikan suatu fakta sehingga membuat pesan yang ingin disampaikan pun lebih mudah ditangkap oleh siswa. Dengan menyisipkan nilai kearifan lokal pada fotonovela merupakan langkah strategis dalam upaya membangun karakter bangsa karena bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki karakter kuat yang bersumber dari nilai-nilai yang digali dari budaya masyarakatnya. Nilai-nilai dari kearifan lokal tidak menjadi penghambat kemajuan di era global, namun menjadi kekuatan transformasional yang luar biasa dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia sebagai modal keunggulan kompetitif dan komparatif suatu bangsa. Penelitian pengembangaan ini merupakan R&D. Validasi penelitian pengembangan melibatkan validator materi fisika dan validator media. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran fotonovela berbasis kearifan lokal pada pokok bahasan Hukum Newton yang efektif dan praktis.

Keywords: Fotonovela; Hukum Newton; Kearifan lokal; Media Pembelajaran.

Published
2015-10-30
How to Cite
Rahayu, A., Sutikno, S., & Masturi, M. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HUKUM NEWTON MENGGUNAKAN FOTONOVELA BERBASIS KEARIFAN LOKAL. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 4, SNF2015-II. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/4804