PENGEMBANGAN ALAT PRAKTIKUM MELDE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMA

  • Dara Agustianti Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda No. 10 Rawamangun, Jakarta Timur 13220
  • Cecep E. Rustana Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda No. 10 Rawamangun, Jakarta Timur 13220
  • Hadi Nasbey Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda No. 10 Rawamangun, Jakarta Timur 13220

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat praktikum Melde sebagai media pembelajaran fisika SMA kelas XI yang terfokus pada materi gelombang, khususnya gelombang transversal stasioner pada tali. Gelombang  merupakan salah satu materi pelajaran fisika yang memiliki karakteristik yang abstrak dan pergerakannya cepat. Berdasarkan kerucut pengalaman Edgar Dale bahwa pengetahuan akan semakin abstrak apabila pesan hanya disampaikan melalui kata verbal dan akan semakin konkrit jika disampaikan lewat pengalaman langsung, salah satunya yaitu dengan praktikum. Untuk itu perlunya optimalisasi terhadap alat-alat praktikum yang dapat memberikan kemudahan dan minat bagi individu untuk mempelajarinya, sehingga menghasilkan belajar yang lebih baik. Alat praktikum yang dikembangkan yaitu dengan penambahan pengatur frekuensi dan alat penampil grafik. Penelitian ini akan diujicobakan  terhadap  siswa  kelas XI ataupun XII SMAN 105 Jakarta. Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  metode  penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan versi Borg and Gall yang meliputi sepuluh kegiatan, diantaranya: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan penelitian, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba lapangan awal (terbatas), (5) revisi hasil uji lapangan terbatas, (6) uji lapangan lebih luas, (7) revisi hasil uji lapangan, (8) uji kelayakan, (9) revisi hasil uji kelayakan, (10) diseminasi dan sosialisasi produk akhir.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Alat Praktikum, Percobaan Melde, Research and Development.

Published
2015-10-30