PENGEMBANGAN MODEL PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

  • Siti Komariyah Program Magister Pendidikan Fisika, FMIPA UNJ Jl. Pemuda No. 10, Jakarta 13220
  • Sunaryo Sunaryo Program Magister Pendidikan Fisika, FMIPA UNJ Jl. Pemuda No. 10, Jakarta 13220
  • I Made Astra Program Magister Pendidikan Fisika, FMIPA UNJ Jl. Pemuda No. 10, Jakarta 13220

Abstract

Abstrak

Penelitian ini difokuskan pada pengembangan media pembelajaran pembangkit listrik tenaga angin. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2017 sampai bulan April 2017 di SMA Negeri 87 Jakarta. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran yaitu model pembangkit listrik tenaga angin sebagai media pembelajaran fisika untuk  menambah pengalaman langsung bagi peserta didik tentang konversi energi, yaitu energi gerak menjadi energi listrik. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D)model Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah atau tahap. Adapaun tahap tersebut terdiri atas (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Ujicoba Pemakaian, (6) Revisi Produk, (7) Ujicoba Produk, (8) Revisi Desain, (9) Revisi Produk, (10) Produksi Masal. Instrumen yang digunakan validasi berupa angket. Validasi model pembangkit listrik tenaga angin dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan guru. Hasil validasi oleh ahli media 84,89%, ahli materi 97,2% dan oleh guru 96,53%, sehingga dikatagorikan sangat baik. Hasil validasi tes berpikir kritis dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment, sedangkan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil kegiatan peserta didik yang menggunakan media yang telah dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada katagori sedang. Artinya bahwa media hasil pengembangan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah.

Kata-kata kunci: model pembangkit listrik, energi angin, berpikir kritis.

Abstract

This research is focused on developing learning media of wind power plant. This research was conducted in January 2017 until April 2017 at SMA Negeri 87 Jakarta. This study aims to develop a learning media that is a model of wind power generation as a medium of physics learning to add a direct experience for learners about the conversion of energy, namely the energy of motion into electrical energy. The research method used is research and development (R & D) model Borg and Gall consisting of 10 steps or stages. (3) Product Design, (4) Design Validation, (5) Usage Trial, (6) Product Revision, (7) Product Testing, (8) ) Design Revision, (9) Product Revision, (10) Mass Production. The instrument used is a questionnaire validation. Validation of wind power generation model is done by material experts, media experts, and teachers. The results of validation by media experts 84.89%, material experts 97.2% and by teachers 96.53%, so categorized very well. The result of validation of critical thinking test is calculated by using Product Moment formula, while reliability using Alpha Cronbach. The results of the activities of learners using the media that have been developed can improve the ability to think critically in the category is. This means that the development of media is feasible to be used as a medium of learning in schools.

Keywords: power generation model, wind energy, critical thinking.

Published
2017-10-30