PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK BERFORMAT FOUR-TIER UNTUK MENGIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA TOPIK USAHA DAN ENERGI

  • Dedah Siti Jubaedah Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Setiabudi 229 Bandung 40154
  • Ida Kaniawati Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Setiabudi 229 Bandung 40154
  • Iyon Suyana Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Setiabudi 229 Bandung 40154
  • Achmad Samsudin Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Setiabudi 229 Bandung 40154
  • Endi Suhendi Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Setiabudi 229 Bandung 40154

Abstract

Abstrak

Miskonsepsi merupakan suatu masalah dalam pembelajaran fisika yang cukup menghantui guru dan siswa serta membuat tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan baik. Berdasarkan studi literatur, four-tier test dapat digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami siswa. Meskipun demikian, tes diagnostik dalam bentuk four-tier test belum banyak dikembangkan, salah satunya pada topik Usaha dan Energi. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengembangan tes diagnostik dalam format four-tier untuk topik Usaha dan Energi. Penelitian ini menggunakan model 4D (Defining, Designing, Developing, and Disseminating) dalam mencapai tujuan penelitian. Sampel yang digunakan adalah 30 siswa pada salah satu SMA Negeri di Kota Bandung. Penelitian menghasilkan pengembangan tes diagnostik dalam format four-tier pada topik Usaha dan Energi. Dengan adanya pengembangan ini, miskonsepsi pada topik tersebut dapat dengan mudah diidentifikasi oleh guru. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai pengembangan awal untuk penelitian selanjutnya. abstrak dalam bahasa Indonesia pada bagian ini.

Kata-kata kunci: Four-Tier Test, Usaha dan Energi, Miskonsepsi, model 4D.

Abstract

Misconception is a problem in physics learning that is quite haunting teachers and students and make learning goals are not achieved properly. Based on the literature study, four-tier tests can be used to identify student’s misconceptions. Nevertheless, diagnostic tests in the form of four-tier tests have not been widely developed, one of them on the topic of Work and Energy. Therefore, it is necessary to develop diagnostic tests in a four-tier format for Work and Energy topics. This research uses 4D model (Defining, Designing, Developing, and Disseminating) in achieving research objectives. The sample used 30 students of Senior High School in Bandung. The research resulted development of diagnostic tests in a four-tier format on Work and Energy topics. Given this development, misconceptions on that topic can be easily identified by the teacher. This research can be used as initial development for further research

Keywords: Four-Tier Test, Work dan Energi, Misconception, 4D model

 

Published
2017-10-30