PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CONTROL OF VARIABLE SISWA SMP PADA HUKUM PASCAL

  • Dessy Agustina Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UPI, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Isola, Sukasari, Kota Bandung 40154. .
  • Ida Kaniawati Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UPI, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Isola, Sukasari, Kota Bandung 40154. .
  • Irma Rahma Suwarma Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UPI, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Isola, Sukasari, Kota Bandung 40154. .

Abstract

Abstrak

Kemampuan control of variabel merupakan salah satu kemampuan scientific reasoning yaitu kemampuan yang dimiliki siswa untuk mengontrol variabel. Kemampuan ini sangat diperlukan selama proses penyelidikan ilmiah. Hal ini dikarenakan selama proses penyelidikan melibatkan banyak variabel dan mengontrol variabel untuk menganalisis hubungan antara variabel. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan kemampuan control of variable siswa dengan menerapkan pembelajaran berbasis STEM. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan one group pre test and post test desain pada sampel sebanyak 37 siswa menggunakan teknik convience sampling di salah satu sekolah kabupaten Bandung Barat. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan tes scientific reasoning berbentuk pilihan ganda bertingkat yang diadopsi dari Lawson Classroom Test Scientific Reasoning (LCTSR). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan control of variable  siswa setelah diterapkan pembelajaran berbasis STEM memiliki n-gain sebesar 0,45 dalam katagori sedang.

Kata-kata kunci: Pembelajaran berbasis STEM, scientific reasoning, control of variable.

Abstract

The ability of control of variable is one of ability of scientific reasoning that is ability owned by student to control variable. This capability is indispensable during the process of scientific inquiry. This is because during the investigation process involves many variables and control variables to analyze the relationship between variables. The purpose of this research is to develop students control of variable ability by applying STEM-based learning. This study uses quasi experimental method with one group pre test and post test design on samples of 37 students using convience sampling technique in one school district of West Bandung. Measurements were made using a multilayer multiple-dimensional, multiple-choice scientifically adopted test adopted from the Lawson Classroom Test Scientific Reasoning (LCTSR). The result of the research showed that the improvement of control of student variable after applied STEM based learning had n-gain of 0.45 in moderate category.

Keywords: STEM-based learning, scientific reasoning, control of variables.

Published
2017-10-30