PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK ANIMASI BERBASIS MOBILE LEARNING (M-LEARNING) PADA MATERI GERAK LURUS DI SMP

  • Anas Pranila Paramita Prodi Pendidikan Fisika FMIPA UNJ Program Magister Pendidikan Fisika, Jl. Pemuda No 10, Jakarta13220.
  • Betty Zelda Siahaan Program Pasca Sarjana Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda No. 10, Jakarta 13220 Indonesia
  • I Made Astra Program Pasca Sarjana Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta, Jl. Pemuda No. 10, Jakarta 13220 Indonesia

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran animasi berbasis mobile learning untuk meningkatkan belajar mandiri siswa pada materi gerak lurus di SMP. Dalam melakukan penelitian digunakan metode Research and Development yang mengacu pada model ADDIE. Tahapan dalam pengembangan penelitian ini, yaitu Analyze, Design, Development, Implementasi, dan Evaluation. Media didesain dan dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash Professional CS6. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan media pembelajaran didapatkan bahwa sebanyak 30% saja guru menggunakan bantuan media visual animasi dan belum ada guru menerapkan mobile learning dalam pembelajaran, maka pengembangan media pembelajaran animasi berbasis mobile learning pada materi gerak lurus dapat dijadikan sebagai bahan ajar pendukung siswa. Media pembelajaran ini memuat materi, animasi dan simulasi, latihan soal dan kuis. Media yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli media menggunakan instrumen berupa angket. Serta layak dijadikan sebagai media pembelajaran di SMP.

Kata-kata kunci: media pembelajaran, mobile learning, animasi, gerak lurus, ADDIE.

Abstract

This research aims to develop the learning of animation media base of mobile learning to improve student self-learning on the material straight motion at Junior High School. This study used research and development method which refers to mode of ADDIE. The stages of the research are, analysis, design, development, implementation, and evaluation. The media is designed and developed by using Adobe Flash Professional CS6. Based on the result of learning media requirement analysis found that as much as 30% of teachers useanimation visual media and no teachers implement mobile. Learning into the learning, then the development of mobile learning on the material straigh of movement can be support the students as teaching of material to learn independetly. The media has been validated by media experts using quisionaire instruments.

Keywords: instructional media, mobile learning, animation, ADDIE models.

Published
2017-10-30