PENERAPAN BAHAN AJAR IPBA TERINTEGRASI YANG MENGAKOMODASI KECERDASAN MAJEMUK PADA TEMA PEMANASAN GLOBAL DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA

  • Roihan Najah Kamal Prodi Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung 40154
  • Winny Liliawati Prodi Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung 40154
  • Purwanto Purwanto Prodi Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Indonesia Universitas Pendidikan Indonesia, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229, Bandung 40154

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar IPBA terintegrasi yang mengakomodasi kecerdasan majemuk terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa SMA pada tema pemanasan global. Penerapan bahan ajar dimulai dengan analisis kebutuhan, menganalisis kurikulum dan bahan ajar yang digunakan serta studi lapangan. Langkah yang dilakukan dimulai dari mengidentifikasi kecerdasan majemuk siswa untuk mengelompokkan siswa di kelas berdasarkan kecerdasan majemuk dominannya, menerapkan penggunaan bahan ajar IPBA terintegrasi yang mengakomodasi kecerdasan majemuk, diakhir pembelajaran diberikan tes penguasaan konsep. Desain penelitian menggunakan static-group pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah 60 siswa SMA kelas X di kota Bandung, terdiri dari 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Hasil yang diperoleh menunjukkan sebanyak 53,3% siswa pada kelas eksperimen menunjukkan aktivitas kecerdasan majemuk yang sama dengan kecerdasan dominan yang dimilikinya selama diberikan treatment. Peningkatan penguasaan konsep pada tema Pemanasan Global yang berkategori sedang (<g> = 0,49) pada kelas eksperimen dan (<g> = 0,32) pada kelas kontrol. Efektivitas bahan ajar IPBA terintegrasi yang mengakomodasi kecerdasan majemuk berkategori tinggi (effect size, Δ = 1,46).

Kata-kata kunci: Bahan Ajar IPBA Terintegrasi, Kecerdasan Majemuk, Penguasaan Konsep, Pemanasan Global.

Abstract

The aim of this research was to determine the effect of integrated earth and space science intructional materials that accommodate multiple intelligences towards the mastery of concept gain on global warming topic at secondary school. The use of the instructional materials began with analyzing student’s need, curriculum, and instructional materials. Research taken start with identifying student’s multiple intelligences in order to grouping them based on their dominant intelligences, using the instructional materials, lastly giving a mastery of concept test. Design of the research used static-group pretest-posttest design. The subject amount 60 tenth grades student in Bandung, consist of 30 student on experimental group and 30 student on control group. The result showed that 53,3% student on experimental group have a same dominant intelligence between their activities in class and their identification result during treatment. Mastery of concept on global warming topic gain showed a medium category (<g> = 0,49) at experimental group and (<g> = 0,32) at control group. Effectiveness of the instructional materials showed high category (effect size, Δ = 1,46).

Keywords: Instructional Materials of Integrated Earth and Space Science, Multiple Intelligence, Mastery of Concept, Global Warming.

Published
2017-10-30