PENGEMBANGAN SET PRAKTIKUM PEMANTULAN CAHAYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMP

  • Danti Nirmala Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta, 2015
  • Cecep E. Rustana Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta, 2015
  • Hadi Nasbey Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Jakarta, 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan set praktikum pemantulan cahaya sebagai media pembelajaran fisika SMP. Set praktikum yang dikembangkan membahas mengenai pemantulan cahaya, antara lain hukum pemantulan cahaya,  sinar-sinar istimewa cermin lengkung, dan pembentukan bayangan pada cermin lengkung. Set praktikum ini akan dilengkapi dengan buku pedoman penggunaannya sehingga memudahkan siswa dan guru dalam menggunakannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Adapun langkah-langkah pengembangannya adalah : 1) analisis kebutuhan tentang produk yang akan dikembangkan (Analyse), 2) merancang desain set praktikum (Design), 3) mengembangan set praktikum (Development), 4) uji validasi ahli dan uji coba lapangan (Implementation), 5) revisi produk akhir (Evaluation). Penelitian dan pengujian set praktikum dilakukan di Laboratorium Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta dan SMPN 216 Jakarta. Adapun responden penelitian ini adalah responden ahli (expert review) yang terdiri dari ahli materi dan ahli media juga responden uji lapangan (field test) yang terdiri dari guru IPA SMP dan siswa SMP. Instrumen uji coba berupa angket rating scale dengan teknik perhitungan skala Likert dengan kisaran skor 1-5.

Kata Kunci : set praktikum, pemantulan cahaya, media pembelajaran, model pengembangan ADDIE,

Published
2015-10-30
How to Cite
Nirmala, D., Rustana, C. E., & Nasbey, H. (2015). PENGEMBANGAN SET PRAKTIKUM PEMANTULAN CAHAYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMP. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 4, SNF2015-II. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/4990