DESKRIPSI ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN FISIKA SUB POKOK BAHASAN EFEK FOTOLISTRIK

  • Payudi Payudi Magister Pendidikan Fisika Universitas Lampung Bandar Lampung 35119
  • Chandra Ertikanto Pendidikan MIPA FKIP Universitas Lampung Bandar Lampung 35119

Abstract

Efek Fotolistrik merupakan sub pokok bahasan dari materi pokok Radiasi Benda Hitam. Walaupun rata-rata hasil belajar siswa sudah mencapai KKM, tetapi belum sepenuhnya optimal. Dengan latar belakang kemampuan siswa dan fasilitas yang tersedia, seharusnya hasil belajar siswa masih dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan bahan ajar yang dibutuhkan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran fisika sub pokok bahasan Efek Fotolistrik; (2) Menganalisis pelaksanaan proses pembelajaran fisika di SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Obyek penelitian terdiri dari 3 orang guru fisika dan siswa kelas XII IPA-3 yang terdiri dari 30 orang. Data dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis secara kualitatif melalui empat tahap yaitu mengkode hasil angket, tabulasi data, analisis data, dan interpretasi hasil analisis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Bahan ajar yang dibutuhkan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran fisika sub pokok bahasan Efek Fotolistrik adalah LKS dengan pendekatan keterampilan proses sains berbantuan multimedia interaktif; (2) Pada pelaksanaan proses pembelajaran fisika di SMA Negeri 2 Bandar Lampung, belum semua materi pelajaran dilakukan kegiatan praktikum dengan alasan keterbatasan sarana, sehingga perlu dikembangkan LKS sub pokok bahasan Efek Fotolistrik dengan pendekatan keterampilan proses sains berbantuan multimedia interaktif.

Keywords: needs analysis, a description, the photoelectric effect.

Published
2015-10-30
How to Cite
Payudi, P., & Ertikanto, C. (2015). DESKRIPSI ANALISIS KEBUTUHAN PEMBELAJARAN FISIKA SUB POKOK BAHASAN EFEK FOTOLISTRIK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 4, SNF2015-II. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/4995