LKS PEMANASAN GLOBAL BERVISI SETS BERORIENTASI KONTRUKTIVISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

  • Susi Harnani Universitas lampung, Jl. Soemantri Brojonegoro no. 1 Gedung meneng Bandarlampung
  • Agus Suyatna Universitas lampung, Jl. Soemantri Brojonegoro no. 1 Gedung meneng Bandarlampung

Abstract

Pengembangan kemampuan siswa bidang Fisika merupakan salah satu wahana keberhasilan peningkatan kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan perubahan jaman dan memasuki dunia sains, lingkungan, teknologi dan sosial . Artikel ini mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS)  pemanasan global  bervisi SETS dan berorientasi konstruktivistik. Pembelajaran bervisi sains, environment, technology and society (SETS) yang menghubungkan dan mengkaitkan antara teori yang dipelajari dengan penerapannya dalam bentuk teknologi, dampaknya terhadap masyarakat dan lingkungan serta sosial merupakan bentuk upaya pembelajaran yang bersifat nyata dan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan mengadaptasi model penelitian pengembangan plomp. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan angket. Hasil penelusuran dari angket yang disebar ke  siswa dan  guru fisika di SMA Negeri 3 Metro ditemukan bahwa: (1) konsep pemahaman siswa mengenai pemanasan global masih terbatas; (2) guru dan siswa membutuhkan media pembelajaran LKS dalam proses pembelajaran pemanasan global agar proses pembelajaran berjalan lebih efektif serta mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LKS bervisi SETS dan berorientasi kontrukstivistik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis

Kata Kunci: konstruktivistik, LKS, Pemanasan Global, , SETS.

Published
2015-10-30
How to Cite
Harnani, S., & Suyatna, A. (2015). LKS PEMANASAN GLOBAL BERVISI SETS BERORIENTASI KONTRUKTIVISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 4, SNF2015-II. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/5004