PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK FISIKA SMA KELAS XI SEMETER II PADA MATERI FLUIDA DINAMIS

  • Zulherman Zulherman Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka,Jalan Tanah Merdeka,Kp.Rambutan Jakarta
  • Desnita Desnita Universitas Negeri Jakarta,Jalan Pemuda No.10 Rawamangun Jakarta 13220
  • Erfan Handoko Universitas Negeri Jakarta,Jalan Pemuda No.10 Rawamangun Jakarta 13220

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar dalam bentuk modul fisika berbasis CTL pada materi fluida dinamis yang sesuai dengan kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan dari bulan April sampai Juni 2014 di Laboratorium Pendidikan Fisika FMIPA UNJ dan SMAN 9 Jakarta Timur, dengan bantuan 37 siswa kelas XI IPA yang dipilih secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan. Tahap awal dari analisis kebutuhan bahan ajar,memberikan pretest kemudian mengembangan modul fisika berbasis CTL untuk siswa kelas XI IPA yang sebelumnya divalidasi terlebih dahulu oleh beberapa ahli media dan materi serta guru profesional fisika SMA di Jakarta. Instrumen yang digunakan pada saat kuesioner penelitian analisis kebutuhan,lembar validasi untuk ahli fisika materi,ahli media dan guru profesional fisika SMA di Jakarta serta kuesioner untuk siswa setelah menggunakan modul yang sudah dikembangkan ini. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan modul fisika berbasis CTL untuk fisika SMA kelas XI pada materi fluida dinamis. Hasil validasi oleh para ahli materi memperoleh persentase skor rata-rata 87,83% semua aspek, hasil validasi oleh para ahli media  mendapatkan persentase skor rata-rata 80,97% dari keseluruhan aspek,untuk hasil validasi oleh guru profesional fisika sekolah di Jakarta memperoleh persentase rata-rata dari keseluruhan aspek sebesar 84.28%, dan hasil uji modul dalam kelompok-kelompok kecil dengan persentase 81.50% oleh peserta didik dan hasil uji modul dalam kelompok besar diperoleh 81% oleh peserta didik,dan peningkatan hasil nilai rata-rata pretest ke post test oleh siswa,dari nilai 60,156 ke 82,03. Dengan perolehan hasil secara keseluruhan tersebut dapat disimpulkan bahwa modul fisika berbasis CTL yang telah dikembangkan di nilai berkualitas dan sangat baik digunakan sebagai pendukung bahan ajar,serta alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Pengembangan Modul, CTL, Fluida Dinamis.

Published
2015-10-30