DESKRIPSI KEBUTUHAN HOTS ASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN METODE INKUIRI TERBIMBING

  • Abdul Malik Magister Pendidikan Fisika Universitas Lampung Bandar Lampung 35119
  • Chandra Ertikanto Pendidikan MIPA FKIP Universitas Lampung Bandar Lampung 35119
  • Agus Suyatna Pendidikan MIPA FKIP Universitas Lampung Bandar Lampung 35119

Abstract

Kurikulum 2013 menjelaskan bahwa peserta didik mampu memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, yang tidak lain merupakan ranah berpikir tingkat tinggi dalam Taksonomi Bloom. Tujuan Penelitian ini adalah:  (1) Mengetahui kebutuhan guru akan instrumen asesmen level HOTS. (2) Mengetahui kebutuhan siswa akan asesmen, yang dapat melatih siswa dalam menjawab soal sampai pada level HOTS.  (3) Menganalisis pelaksanaan pembelajaran dan kesulitan belajar fisika siswa Penelitian ini menggunakan metode deskriptif.  Penelitian ini dilakukan di SMA Neggeri 1 Kotagajah Lampung Tengah.  Subyek penelitian adalah 30 orang siswa kelas X dan 4 orang guru fisika.. Pengumpulan data dengan menggunakan angket. Analisis data melalui tahap: pengkodean, tabulasi data, analisis data kualitatif, membuat interpretasi dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Guru Fisika SMA Negeri 1 Kotagajah sudah memahami metode Inkuiri, tetapi dalam pembelajaran belum menggunakan metode Inkuri, siswa masih cenderung pasif dan pembelajaran masih terpusat pada guru.  (2) Guru Fisika dan siswa SMA Negeri 1 Kotagajah memerlukan Instrumen Asesmen pada level HOTS. Kesimpulan dari penelitian ini perlu dikembangkan Asesmen HOTS  dengan metode Inkuiri terbimbing yang diharapkan membuat siswa dapat mengolah, menalar, dan menyaji, bertindak secara efektif dan kreatif

Keywords: Higher Order Thinking Skills, Inkuiri Terbimbing.

Published
2015-10-30