PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI FLUIDA STATIS KELAS X SMA/MA

Authors

  • Adelia Alfama Zamista Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia, Jalan Dr. Setiabudhi, Bandung, 40154
  • Ida Kaniawati Departemen Pendidikan Fisika Univesitas Pendidikan Indonesia, Jalan Dr. Setiabudhi, Bandung, 40154

Abstract

Penelitian ini mengembangkan tes keterampilan proses sains (KPS) materi fluida statis untuk siswa kelas X SMA/MA. Penelitian ini mengadaptasi metode penelitian pengembangan Borg and Gall, yaitu: 1) studi pendahuluan, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk, 4) uci coba, 5) revisi hasil uji coba, 6) uji coba lapangan, dan 7) penyempurnaan produk. Instrumen tes KPS yang dikembangkan terdiri dari 21 butir soal pilihan ganda. Analisis tes dilakukan melalui judgement pakar untuk melihat validitas dan analisis hasil uji coba tes. Uji coba tes dilakukan terhadap 30 siswa SMA kelas X jurusan matematika-IPA (MIA) di salah satu SMA Negeri Bandung yang dipilih secara random. Hasil judgement pakar menunjukkan bahwa butir item tes KPS  telah sesuai dengan indikator KPS dan konten materi fluida statis. Hasil analisis data uji coba menunjukkan bahwa tes yang dikonstruk memiliki reliabilitas yang sangat tinggi ditandai oleh koefisien reliabilitas sebesar 0,90. Hasil analisis daya pembeda diketahui 67% butir item tes pada katagori baik dan cukup dan 33% pada katagori tidak baik. Tingkat kemudahan butir item tes 52%  katagori sulit dan 48% katagori sedang. Berdasarkan analisis tes dan setelah dilakukan penyempurnaan perangkat tes, maka tes KPS materi fluida statis yang dikembangkan layak digunakan sebagai instrumen penilaian KPS siswa.

Keywords: science process skills, science process skills test, static fluid.

Downloads

Published

2015-10-30

How to Cite

Zamista, A. A., & Kaniawati, I. (2015). PENGEMBANGAN TES KETERAMPILAN PROSES SAINS MATERI FLUIDA STATIS KELAS X SMA/MA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 4, SNF2015–III. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/5012