PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ANIMASI FLASH PADA MATERI DINAMIKA ROTASI DI SMA

  • Adhi Kusumadjati Jurusan Fisika Kampus Timur FMIPA UNJ, Jl. Pemuda 10, Rawamangun Jakarta Timur 13220
  • Yetti Supriyati Jurusan Fisika Kampus Timur FMIPA UNJ, Jl. Pemuda 10, Rawamangun Jakarta Timur 13220
  • A. Handjoko Permana Jurusan Fisika Kampus Timur FMIPA UNJ, Jl. Pemuda 10, Rawamangun Jakarta Timur 13220

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian berbasis animasi flash yang layak digunakan pada materi dinamika rotasi di SMA. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni – Juli 2015 oleh validator ahli, guru fisika SMA dan siswa SMA kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian pengembangan (research and development). Sebelum melakukan penelitian, dilakukan analisis kebutuhan untuk mengetahui apakah pengembangan instrumen penilaian pembelajaran fisika berbasis animasi flash diperlukan. Hasil dari penelitian ini adalah instrumen penilaian pembelajaran fisika berbasis animasi flash yang telah divalidasi oleh ahli penilaian pembelajaran fisika serta ahli media dan perangkat lunak, juga telah diuji kelayakannya di sekolah. Hasil validasi oleh ahli penilaian pembelajaran fisika memperoleh hasil dengan kategori baik. Hasil validasi oleh ahli media dan perangkat lunak memperoleh hasil dengan kategori baik sekali. Hasil uji kelayakan oleh guru fisika SMA memperoleh hasil dengan kategori baik sekali. Hasil uji kelayakan oleh siswa memperoleh hasil dengan kategori baik sekali. Berdasarkan hasil validasi dan uji kelayakan tersebut, dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian pembelajaran fisika berbasis animasi flash yang diberi nama ALVAGAMA layak digunakan sebagai instrumen penilaian pembelajaran fisika di SMA.

Keyword: instrumen penilaian, animasi, flash, dinamika rotasi.

Published
2015-10-30