ANALISIS KEBUTUHAN LKS PEMBELAJARAN REMEDIAL MATA PELAJARAN FISIKA SMA/MA DI KEC. TANJUNG RAJA

  • Anwar Santoso Magister Pendidikan Fisika Universitas Lampung, Bandar Lampung
  • Chandra Ertikanto Pendidikan Fisika Universitas Lampung, Bandar Lampung

Abstract

Lembar Kerjas Siswa (LKS) merupakan bahan ajar yang praktis dan ekonomis, merepresentasikan materi pelajaran yang singkat beserta evaluasinya, namun LKS yang ada secara umum kurang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran siswa dalam pembelajaran remedial, sedangkan siswa yang mengikuti pembelajaran remedial membutuhkan informasi yang lebih dalam segi konsep dan penerapannya serta penilaiannya.  Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui kebutuhan guru akan LKS yang sesuai dan dapat membantu siswa dalam pembelajaran remedial; 2) mengetahui kebutuhan siswa akan LKS yang sesuai dan dapat membatu siswa dalam pembelajaran remedial; 3) mengenalisis kebutuhan LKS dalam pembelajaran remedial pada mata pelajaran fisika setingkat SMA.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik purposif sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SMA/MA di Kec. Tanjung Raja. Pengumpulan data dengan angket dan dianalisis melalui 4 tahapan kualitatif yaitu : pengkodean hasil angket, pentabulasian data, penganalisisan data dan penginterpretasian data hasil analisis. Hasil penelitian yang diperoleh : 1) guru fisika SMA/MA di Kec. Tanjung Raja membutuhkan LKS pembelajaran remedial, 2) siswa membutuhkan LKS pembelajaran remedial, 3) pelaksanaan pembelajaran remedial mata pelajaran fisika SMA/MA diperlukan LKS pembelajaran remedial yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa sehingga dapat membatu siswa dalam memahami konsep fisika dengan lebih baik.

Keywords: Pembelajaran remedial, bahan ajar remedial, LKS remedial SMA/MA.

Published
2015-10-30
How to Cite
Santoso, A., & Ertikanto, C. (2015). ANALISIS KEBUTUHAN LKS PEMBELAJARAN REMEDIAL MATA PELAJARAN FISIKA SMA/MA DI KEC. TANJUNG RAJA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 4, SNF2015-IV. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/5017