ANALISIS INSTRUMEN PEMBELAJARAN FISIKA MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK

  • Wahyudi Wahyudi IKIP PGRI Pontianak, Jl. Ampera No. 88 Pontianak, 78116
  • Syarifah Fadillah IKIP PGRI Pontianak, Jl. Ampera No. 88 Pontianak, 78116
  • Dwi Fajar Saputri IKIP PGRI Pontianak, Jl. Ampera No. 88 Pontianak, 78116

Abstract

Tujuan penelitian ini menganalisis instrumen pembelajaran berbasis pendekatan inkuiri untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik (KPMM) mahasiswa pada materi fisika matematik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kualitas instrumen pembelajaran yang dikembangkan. Instrumen pembelajaran yang dikembangkan meliputi Rencana Kegiatan Pembelajaran Semester (RKPS), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), angket kemandirian belajar dan soal tes KPMM berbentuk essay. Instrumen pembelajaran berupa RKPS dan RPP dianalisis secara kualitatif oleh tim pakar untuk mengetahui kualitas instrumen. Sedangkan instrumen berupa angket kemandirian belajar dan soal tes KPMM selain dianalisis secara kuantitatif melalui uji coba kepada 39 mahasiswa untuk menentukan kualitas soal. Hasil analisis menunjukkan bahwa instrumen berupa RKPS dan RPP telah dirancang dengan kategori yang baik. Hasil uji coba angket kemandirian belajar dan soal tes KPMM menunjukkan bahwa soal memiliki kategori yang valid dengan indek reliabilitas yang tinggi. Secara keseluruhan instrumen pembelajaran berbasis pendekatan inkuiri yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik dalam membelajarkan materi fisika matematika.

Keyword: analisis, instrumen pembelajaran, kemampuan pemecahan masalah matematik, pendekatan inkuiri, fisika matematika.

Published
2015-10-30