ANALISIS DERET FOURIER UNTUK MENENTUKAN PERSAMAAN FUNGSI GELOMBANG SINUSOIDAL ARUS AC PADA OSILOSKOP

  • Dian Sandi Pendidikan Fisika UHAMKA Jakarta
  • Imas R.E Malinda Pendidikan Fisika UHAMKA Jakarta

Abstract

Analisis Deret Fourier untuk Menentukan Persamaan Fungsi Gelombang Sinusoidal pada Rangkaian Arus AC dengan Menggunakan Osiloskop. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk  menentukan persamaan fungsi gelombang sinusoidal pada arus AC dengan menggunakan pendekatan deret Fourier, serta mencari tahu pengaruh amplitudo dan panjang gelombang terhadap ekspansi deret Fourier.

Metode yang digunakan dalam penilitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan Osiloskop sebagai media untuk mengamati keluaran fungsi gelombang yang tejadi. Dengan pengambilan data sebanyak empat kali percobaan dengan variabel-variabel yang berbeda, maka didapatkan deret Fourier yang berbeda pula.

Dari penelitian yang telah dilakukan, serta berdasarkan perhitungan didapatkan kesimpulan bahwa ekspansi deret Fourier untuk fungsi gelombang dipengaruhi oleh panjang gelombang dan besarnya amplitudo dari sebuah gelombang, selain itu besarnya frekuensi akan berbanding terbalik dengan panjang gelombang. Lebih jauh lagi, keluaran fungsi gelombang berupa gelombang sinusoidal hanya akan didapati dengan menggunakan rangkaian AC pada Osiloskop. 

Kata kunci: Gelombang Sinusoidal, Osiloskop, Deret Fourier.

Published
2015-10-30