SIMULASI INFORMASI PERINGATAN BANJIR BERBASIS TWITTER

  • Ir. Duta Widhya S., MT. Prodi Elektro Fakultas Teknik Univ. Pancasila, Srengseng Sawah Jagakarsa, Jakarta, 12640
  • Wisnu Broto, ST., MT. Prodi Elektro Fakultas Teknik Univ. Pancasila, Srengseng Sawah Jagakarsa, Jakarta, 12640
  • Agung Saputra, ST., MT. Prodi Elektro Fakultas Teknik Univ. Pancasila, Srengseng Sawah Jagakarsa, Jakarta, 12640

Abstract

Banjir yang diakibatkan oleh luapan air sungai Ciliwung yang mana luapan tersebut akibat dari turun hujan yang terus menerus dan deras di kawasan Puncak, Bogor sehingga luapan tersebut akan mengalir menuju Jakarta yang mengakibatkan banjir, ini yang dinamakan banjir kiriman.

Ketinggian debit sungai Ciliwung hulu dapat berubah secara cepat setiap saat sehingga perlu adanya pemantauan yang kontinu. Di Bendung Katulampa, sudah menerapkan dua kamera Circuit Close Television (CCTV) yang terpasang di Mercu Bendung Katulampa, berfungsi untuk memantau ketinggian air Sungai Ciliwung. Namun Hasil pantauan tidak realibel, dimana petugas bendungan Katulampa harus memantau secara manual dan berkala mendatangi tiang pengukur ketinggian air (mercu) untuk melihat kondisi permukaan Sungai Ciliwung. Dimana minimal setiap satu jam petugas harus melihat langsung ke Mercu Bendungan.

Dengan demikian maka informasi akan datangnya banjir kiriman terlambat diantisipasi oleh masyarakat, karena masih ketergantung terhadap operator. Diperlukannya konsep rancangan alat simulasi sistem peringatan dini tersebut dimana dalam pengukuran ketinggian/ level air menggunakan sensor ultrasonik, dengan mikrokontroler sebagai pengatur dan pengendali pengiriman hasil pengukuran ke komputer. Media pengiriman menggunakan internet dengan modem router sebagai media pengirim. Hasil data olahan di komputer dapat berupa grafik dan informasi twitter.

Kata kunci : peringatan dini, mikrokontroller, informasi twitter.

Published
2015-10-30