ANALISA REMOTE SENSISNG MEMPREDIKSI KEMAMPUAN SUMBER DAYA LISTRIK ENERGI WIND OFFSHORE DENGAN DATA SATELIT MODIS AQUA DI DAERAH PANTAI SELATAN JAWA

  • Ane Prasetyowati R Prodi Elektro Fakultas Teknik Univ. Pancasila, Srengseng Sawah Jagakarsa, Jakarta, 12640
  • Wisnu Broto Prodi Elektro Fakultas Teknik Univ. Pancasila, Srengseng Sawah Jagakarsa, Jakarta, 12640

Abstract

Penelitian Analisa Remote Sensing Untuk Memprediksi Kemampuan Sumber Daya Listrik Dari Energi Wind Offshore Dengan Memanfaatkan Data Satelit MODIS AQUA di daerah Pantai Selatan Jawa, akan dilakukan analisis data dari LANSAT, tentang data kecepatan angin yang dikhususkan di pantai selatan Jawa, saat ini kecepatan wind offhshore di daerah tersebut mencapai 3 – 9 m/s, tetapi kondisi tersebut akan berbeda untuk setiap bulannya, kondisi wind offshore di Indonesia khususnya di pantai utara Jawa, pada bulan-bulan tertentu mengalami perubahan yang sangat drastis, artinya kondisi kecepatan wind offshore tidak stabil, dan pada bulan-bulan tertentu pula kecepatan angin dapat mencapai lebih dari 18 m/s, bila kondisi ini terjadi akan mengakibatkan kerusakan pada peralatan pembangkit. Melihat kondisi seperti tersebut, pada penelitian  ini akan dibuat data prediksi kemampuan energi listrik yang dapat dihasilkan melalui data pengamatan oleh Satelit.

Penelitian ini memiliki tujuan khusus yaitu membuat database dengan data prediksi dinamis untuk memetakan kemampuan daya maksimal yang dihasilkan dari energi wind offshore, memetakan posisi pembangkit tenaga wind offshoreyang tepat sehingga dapat menghasilkan daya listrik maksimal, serta membuat data rekomendasi jenis pembangkit wind offshore yang baik untuk disetiap titik-titik sampel di daerah pantai Selatan Jawa.

Hasil penelitian ini, nantinya diharapkan menjadi pusat informasi berupa database dari potensi energi wind offshore yang dihasilkan secara dinamis, artinya setiap perubahan data wind offshore hasil pengamatan Satelit MODIS AQUA memberikan perubahan pada prediksi data kemampuan energi listrik yang dapat dihasilkan, dengan proyeksi data ini dan titik-titik dimana terdapat angin yang maksimal, diharapkan energi wind offshore mampu menghasilkan energi listrik dengan daya yang maksimal.

Kata Kunci :Wind Offshore, Satelit MODIS AQUA,Data Prediksi.

Published
2015-10-30
How to Cite
Prasetyowati R, A., & Broto, W. (2015). ANALISA REMOTE SENSISNG MEMPREDIKSI KEMAMPUAN SUMBER DAYA LISTRIK ENERGI WIND OFFSHORE DENGAN DATA SATELIT MODIS AQUA DI DAERAH PANTAI SELATAN JAWA. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 4, SNF2015-IX. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/5253