METODE ARTIFICIAL INTELLIGENCE SEBAGAI APLIKASI PENGENALAN UCAPAN DISABILITAS TUNANETRA DENGAN BASIS PC

  • R.M.Fiori Rainal Destian Prodi Elektro Fakultas Teknik Universitas Pancasila, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan 12640
  • Wisnu Broto Prodi Elektro Fakultas Teknik Universitas Pancasila, Srengseng Sawah, Jakarta Selatan 12640

Abstract

Abstrak

Bagi penyandang disabilitas penglihatan, di era yang modern ini kekurangan tersebut tidak menjadi penghalang untuk mereka menuntut ilmu agar mendapatkan tujuan hidup yang lebih baik oleh karena itu, diciptakanlah Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence). Kecerdasan Buatan seringkali di identikan dengan kemampuan robot yang dapat berperilaku seperti manusia. Kecerdasan buatan itu sendiri di definisikan sebagai suatu entitas ilmiah. Kecerdasan ini diciptakan dan di masukkan ke dalam suatu alat bantu (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia,  dan salah satunya adalah dengan pengenalan ucapan (Speech Recognition). Speech Recognition dalah suatu proses identifikasi suara berdasarkan kata yang diucapkan, dengan melakukan konversi sebuah sinyal akustik yang ditangkap oleh audio device. Speech recognition merupakan sistem yang digunakan untuk mengenali perintah kata dari suara manusia, dan kemudian diterjemahkan menjadi suatu data yang dimengerti oleh komputer. Dengan adanya Speech Recognition ini, dapat memudahkan disabilitas tunanetra untuk menjalankan komputer tanpa ragu dalam membuka atau menjalankan aplikasi. Karena dengan Speech Recognition ini, suara mereka dapat di mengerti oleh komputer.

Kata-kata kunci: Artificial Intelligence, Speech Recognition, disabilitas tunanetra

Abstract

For people with visual disabilities, in this modern era the shortcomings are not a barrier for them to study in order to get a better purpose of life therefore, Artificial Intelligence (Artificial Intelligence) is created. Artificial Intelligence is often identified with the ability of robots that can behave like humans. Artificial intelligence itself is defined as a scientific entity. This intelligence is created and inserted into a tool (computer) in order to do the work as humans can do, and one of them is with speech recognition (Speech Recognition). Speech Recognition is a process of voice identification based on a spoken word, by converting an acoustic signal captured by an audio device. Speech recognition is a system used to recognize the word command of human voice, and then translated into a data that is understood by the computer. With this Speech Recognition, it can make it easier for blind people to run the computer without hesitation in opening or running applications. Because with this Speech Recognition, their voice can be understood by computer.

Keywords: Artificial Intelligence, Speech Recognition, blind disability

Published
2017-10-30
How to Cite
Destian, R. R., & Broto, W. (2017). METODE ARTIFICIAL INTELLIGENCE SEBAGAI APLIKASI PENGENALAN UCAPAN DISABILITAS TUNANETRA DENGAN BASIS PC. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 6, SNF2017-CIP. https://doi.org/10.21009/03.SNF2017.02.CIP.17
Section
Computation and Instrumentation Physics