EFEKTIFITAS SOCIAL LEARNING NETWORK BERBASIS EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI ALAT OPTIK

Authors

  • Setyo Warjanto SMAN 87, Jakarta, Jakarta Selatan, 12330
  • Nurhayati Nurhayati SMAN 87, Jakarta, Jakarta Selatan, 12330
  • Anugrah Azhar UIN, Jakarta, Jakarta Selatan, 12330

Abstract

Seiring dengan perkembangan internet yang semakin pesat, dunia pendidikan harus pula beradaptasi dengan perkembangan tersebut. Edmodo merupakan bukti pesatnya perkembangan teknologi internet yang ada. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan efektifitas media social learning network berbasis Edmodo terhadap hasil belajar siswa Sekolah Menengah Atas pada mata pelajaran Fisika khususnya materi Alat Optik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain two group pretes posttest design. Dalam penelitian ini juga menggunakan metode deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah hasil belajar siswa dan hasil polling siswa. Data hasil belajar menunjukkan penggunaan social learning network berbasis Edmodo meningkat yaitu rata-rata pos tes 86.86 dengan n-gain 4.493 pada kelas eksperimen dan hasil belajar pada kelas kontrol tanpa penggunaan social learning network berbasis Edmodo meningkat yaitu rata-rata pos tes 76.78 dengan n-gain 2.273 . Dalam penelitian ini juga dikaji hasil polling siswa yang menunjukkan 75% setuju bahwa pembelajaran dengan menggunakan social learning network berbasis Edmodo dilanjutkan, dan selebihnya 25% menyatakan tidak setuju dilanjutkan

Kata kunci : efektifitas, e-learning, edmodo, hasil belajar.

Downloads

Published

2014-10-30

How to Cite

Warjanto, S., Nurhayati, N., & Azhar, A. (2014). EFEKTIFITAS SOCIAL LEARNING NETWORK BERBASIS EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI ALAT OPTIK. PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 3, 148–150. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/5497