KAJIAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMP MENGGUNAKAN SNOSTER (SMALL NOTES STICKER) PEMBELAJARAN SAINS TERPADU SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN KARAKTER ANAK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)

  • Sifa Alfiyah Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta
  • Indra Permana Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta
  • Iwan Sugihartono Jurusan Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Kajian pengembangan media pembelajaran Fisika SMP menggunakan SNOSTER (Small Notes Sticker) pembelajaran sains terpadu sebagai sarana pendidikan karakter anak Sekolah Menengah Pertama (SMP) telah dilakukan. Pendidikan karakter yang diintegrasikan dalam proses pembelajaran diarahkan pada penguatan dan pengembangan perilaku siswa secara utuh. Salah satu cara pengintegrasian pendidikan karakter dalam proses pembelajaran yaitu melalui media pembelajaran. Diantara media tersebut yaitu berupa SNOSTER (Small Notes Sticker). SNOSTER merupakan media berupa stiker berisi catatan sederhana mengenai pengetahuan Sains khususnya Fisika yang berbasis pendidikan karakter. SNOSTER didesain khusus sehingga meningkatkan semangat belajar dan daya tarik anak-anak khususnya anak SMP terhadap Fisika. Dengan penyisipan nilai-nilai karakter dalam media SNOSTER ini diharapkan siswa mampu memperbaiki dan menumbuhkan kepribadian yang baik.

Keyword: Pendidikan Karakter, Media Pembelajaran, SNOSTER (Small Notes Sticker), Fisika, Anak Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Published
2014-10-30
How to Cite
Alfiyah, S., Permana, I., & Sugihartono, I. (2014). KAJIAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA SMP MENGGUNAKAN SNOSTER (SMALL NOTES STICKER) PEMBELAJARAN SAINS TERPADU SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN KARAKTER ANAK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP). PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL), 3, 211 - 215. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/5508